Gempa 3,0 SR Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

JABARNEWS | SUKABUMI – Gempa bumi berkekuatan 3,0 SR mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terjadi Senin (19/8/2019) sekitar pukul 08.13 WIB. Gempa yang berpusat di daratan kemungkinan besar tidak menyebabkan dampak kerusakan.

“Geterannya tidak terlalu besar, bahkan hanya beberapa saja yang merasakan guncangan gempa bumi itu. Sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Pengendalian Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, Senin (19/8/2019).

Baca Juga:  Pemkab Cirebon Akan Manfaatkan GOR Watu Belah Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Informasi dari BMKG gempa tersebut berlokasi di 6.77 lintang selatan (LS) 106.53 bujur timur (BT) dengan pusat gempa berada di darat 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan epicentrum 8 km.

Baca Juga:  FK3I Jabar Pertanyakan Izin Warung Kopi Gunung di Taman Wisata Cimanggu Ciwedey

Menurutnya, meskipun getarannya tidak terlalu besar dan hanya sebagian kecil warga yang merasakan. Tetapi, pihaknya sudah menginstruksikan kepada relawan dan petugas BPBD yang ada di kecamatan untuk melakukan pendataan antisipasi adanya rumah warga yang rusak.

Di sisi lain, pihaknya juga mengimbau kepada warga agar selalu waspada dan siaga, karena Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah paling rawan terjadi bencana gempa bumi.

Baca Juga:  Door! Polisi Tangkap DPO Penganiayaan Anggota Polisi di Bandung, Diancam 20 Tahun Penjara

“Jika terjadi gempa warga agar tidak panik dan langsung keluar dari bangunan atau bersembunyi di bawah meja, tapi alangkah baiknya berlari ke halaman yang lapang dan tidak ada bangunan,” tambahnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat