bjb

DPKPB Purwakarta Tangani Puluhan Kasus Karhutla Selama Kemarau

Kebakaran lahan kosong yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok. JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Dari bulan Juni hingga Agustus 2019 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta mencatat ada 46 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya.

"Kalau hutan secara spesifik sih tidak ada, paling hutan bambu, dan juga lahan kosong yang dipenuhi ilalang. Dari 46 kasus ini terjadi paling banyak di bulan Juli 2019, yakni sebanyak 32 kasus kebakaran lahan," kata Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, Selasa (20/8/2019).

Dia menambahkan, Potensi risiko lebih tinggi di musim kemarau, untuk data kemarau tahun 2019 belum dibikin grafiknya.

"Kalau masalah peningkatan di 2019 ini ada penurunan kasus yang terjadi tahun 2018. Pada 2019 sampai bulan Agustus ini kami menangani 110 kasus kebakaran, sedangkan untuk tahun 2018 ada 300 kasus kebakaran," kata pria yang akarab disapa Wibi itu.

Wibi mengimbau masyarakat jangan membakar sampah di siang hari dalam keadaan panas dan angin kencang, karena dikhawatirkan bisa membakar lahan ataupun akan merambat ke obyek lain.

"Jika membakar sampah sebaiknya jangan di tinggalkan, harus terus di awasi. Mengingat saat musim kemarau ini potensi kebakaran sangat tinggi," kata Wibi.

Dirinya menyebut, ada 4 Kecamatan yang rawan terjadi kebakaran lahan, yakni Kecamatan Pondoksalam, Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Sukasari.
Baca Juga:

Diduga Korsleting Listrik, Mobil Angkot di Purwakarta Terbakar

Haul Buyut Tayyib ke-2, Warga Doa Bersama Untuk Ciremai


"Kita terus berupaya agar setiap kebakaran bisa kita tangani dengan cepat," tuturnya

Jika terjadi kebakaran masyarakat bisa menghubungi, Kantor Pusat Pemadam Kebakaran di (0264) 822 5113, untuk di wilayah Wanayasa dan sekitarnya bisa menghubungi UPTD Pemadam Kebakaran Wilayah II Wanayasa di nomor 0878 7822 5113.

Untuk kejadian kebakaran di wilayah Plered dan sekitarnya, bisa menghubungi UPTD Pemadam Kebakaran Wilayah PLERED di nomor 0819 0888 5113. Sedangkan untuk wilayah Bungursari dan sekitarnya bisa menghubungi UPTD Pemadam Kebakaran wilayah III Cikopo di nomor 0877 2227 4113.

"Kami sediakan nomor darurat yang bisa dihubungi saat terjadi kebakaran, karena kebakaran bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan dialami siapa saja. Layanan pemadam kebakaran dan bencana lainnya, tidak dipungut biaya dan jika terjadi bencana atau kebakaran silahkan hubungi nomor Pemadam Kebakaran terdekat dengan wilayah Anda, agar bisa dengan cepat ditanggulangi," ucapnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : DPKPB Purwakarta Karhutla Kebakaran Hutan Kebakaran Lahan

berita terkait

Masih Ada Titik Api di Puncak Gunung Ciremai

Kebakaran di Gunung Guntur Karena Disengaja

Kebakaran Hutan Lagi, Ekspor Asap Lagi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi