Ratusan Ribu Pohon Bakau di Karawang Tercemar Minyak Mentah

JABARNEWS | KARAWANG – Ratusan ribu tanaman mangrove atau bakau yang tersebar di sejumlah titik di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tercemar minyak mentah milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

“Sampai saat ini sudah ada 232.000 pohon yang terdampak limbah minyak mentah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat Wawan Setiawan, di Karawang, Selasa (20/8/2019).

Baca Juga:  Besok Shalat Idul Adha, PP Muhammadiyah Keluarkan Surat Edaran, Ini Isinya

Ia mengatakan, dalam menghitung dampak limbah minyak mentah terhadap tanaman bakau, satuannya bukan hektare. Tapi dihitung jumlah pohon yang terdampak.

Sesuai dengan pendataan dan laporan yang diterima di lapangan, kata dia, satuannya bukan hektare tapi jumlah pohon yang terdampak.

Sebanyak 232.000 pohon mangrove di sejumlah titik pesisir utara Karawang saat ini terkena dampak limbah minyak mentah milik Pertamina.

Baca Juga:  Pikap Tabrak Truk di Jalan Raya Purwakarta-Bandung, Begini Kondisinya

Sementara itu, Ketua Karawang Explore, Hadid Suherman sebelumnya menyampaikan tumpahan minyak mentah dari sumur blok YYA-1 milik Pertamina mengancam terumbu karang, jika musim angin laut berubah arah.

“Saat ini angin laut masih mengarah ke wilayah barat, tetapi jika angin laut sudah mengarah ke wilayah timur, maka ancaman terhadap terumbu karang akan terjadi,” kata dia.

Baca Juga:  Keren! UI Kembangkan Instrumen Ultraviolet Tangani Covid-19

Menurut dia, kerusakan pada terumbu karang bisa merugikan wilayah Karawang.

Selain sebagai objek wisata dan sejarah adanya bangkai kapal peninggalan VOC, terumbu karang di Karawang juga memiliki potensi penghasil oksigen yang tinggi bagi kehidupan.

“Jadi Pertamina harus menyelesaikan secepatnya tumpahan minyak mentah ini. Karena akan mengancam terumbu karang, ketika angin laut berubah arah,” katanya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat