Universitas Pancasila Fokus Kembangkan SDM Desa Leuwisadeng Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Demi kembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kampung Legok Muncang dan Kampung Bara Gajed, Desa Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (Sema FT-KMUP) gelar Pengabdian Masyarakat Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 3.

“Kegiatan yang akan berlangsung selama dua pekan mendatang berfokus pada pembangunan infrastruktur dan sumber daya setempat. Adapun kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua kampung,” kata Ketua Pelaksana Achmad Zulfikar Lutfi di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Satukan Langkah Kecil untuk Keindahan Bersama’ ini dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 28 Juli 2019.

Baca Juga:  Ini Pesan Pj. Bupati Purwakarta Di Hari Pramuka Ke-57

Menurut dia, Kampung Legok Muncang, pembangunan dan perbaikan infrastruktur berfokus pada pembangunan gapura, pembangunan jalan sepanjang 400 m yang menghubungkan Kampung Legok Muncang ke Kampung Baru, perbaikan saluran pengairan dan irigasi di daerah Cikuwungkuwung dan Kampung Baru, serta pembuatan biopori dan budidaya daun sirih. Sedangkan Pada Kampung Bara Gajed berfokus pada pembangunan MCK.

“Selain pembangunan infrastruktur, akan dilakukan kegiatan pengembangan sumber daya masyarakat yang dilaksanakan pada kedua kampung tersebut, yaitu berupa edukasi mengenai kurikulum pendidikan 2013 yang dilaksanakan di SD Sindangwangi,” katanya menjelaskan.

Baca Juga:  Pemerintah Desa Jatisari Garut Sulap Aliran Sungai Jadi Tempat Wisata Muara Cibentang

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan sosialisasi bahaya dari narkoba, informasi mengenai pernikahan dini, pelatihan penggunaan aplikasi komputer microsoft, pemanfaatan sekam gabah, serta sosialisasi terkait surat menyurat kepemilikan tanah.

Di sela waktu dalam kegiatan tersebut, tim pengabdian masyarakat ini juga mengikuti berbagai aktivitas yang dilaksanakan masyarakat sekitar seperti kerja bakti di lingkungan sekitar, pesantren kilat, sunatan masal dan tumpengan.

Baca Juga:  Mengenal Kandungan Alga Coklat Yang Memiliki Banyak Manfaat

Pelaksanaan kegiatan Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 3 ini mendapatkan dukungan penuh baik dari pihak Yayasan, Pimpinan Universitas Pancasila dan fakultas, serta seluruh Himpunan dan Ikatan Mahasiswa yang terdapat di Fakultas Teknik Universitas Pancasila serta para mitra sponsor.

Program yang merupakan implementasi dari program kerja pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi wujud nyata dari kegiatan pengabdian masyarakat, di mana mahasiswa tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat