Obat Alternatif Antikanker Serviks Ditemukan Mahasiswa UI

Pengobatan melalui kemoterapi juga belum sepenuhnya efektif karena efek samping yang dihasilkannya.

Ketiga mahasiswa FTUI Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer yang menemukan Obat Anti Kanker Serviks dari racun duri ikan Lionfish. (Foto: Humas UI)

JABARNEWS | DEPOK - Kanker serviks merupakan penyakit penyebab kematian nomor dua setelah penyakit kardiovaskular (jantung) dan juga penyakit nomor dua yang sering terjadi pada wanita setelah kanker payudara.

Sebanyak tiga mahasiswa Jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik Universitas Indonesia berhasil menemukan obat antikanker serviks yang berasal dari racun duri ikan Lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alam untuk sediaan antikanker serviks.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Inilah Tips Diet Antikanker

Mahasiswa UI Raih Penghargaan Emas dan Perak di PIMNAS ke-32



"Kami menggali literatur terkait penggunaan Lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alam," kata Mustika Sari, satu dari tiga mahasiswa tersebut di kampus UI Depok, Rabu (21/8/2019).

Ketiga mahasiswa UI tersebut, adalah Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer.

Ia mengatakan pengobatan melalui kemoterapi juga belum sepenuhnya efektif karena efek samping yang dihasilkannya. Penggunaan Lionfish merupakan upaya untuk ikut serta menjaga ekosistem laut, karena ikan tersebut salah satu ikan yang merugikan nelayan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Ikan Lionfish Kanker Serviks Anti Kanker Universitas Indonesia Kemoterapi

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi