bjb

Pilkades Serentak, Pemkab Majalengka Gelontorkan Rp. 3 Miliar

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | MAJALENGKA – Untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak yang akan diikuti 142 desa dari 344 desa di Majalengka, yang digelar pada November mendatang. Dana sebesar Rp. 3 miliar  yang berasal dari APBD 2019  telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka. 

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, dana sebesar itu akan dibagikan kepada desa yang melaksanakan Pemiihan Kepala Desa sesuai dengan kebutuhan.

Dalam pelaksanaannya, kata Karna, semua masyarakat, warga negara Indonesia (WNI), tanpa melihat alamat asal, mempunyai kesempatan untuk maju sebagai kandidat calon kepala desa.

“Aturan main itu berbeda dengan Pilkades sebelumnya yang mengharuskan calon kepala desa (calkades) merupakan warga dari desa yang menjadi tempat dia maju,” ungkap Bupati.

Sementara itu, terkait latar pendidikan, Bupati menjelaskan bahwa masih sama dengan pilkades sebelumnya, yakni calkades disyaratkan minimal SMP dan atau sederajat.

Baca Juga:

Ini Langkah Terobosan Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dan KDRT Di Majalengka

Majalengka Tertutup Untuk Produk Luar

Karna mengatakan, aturan tersebut sudah tertuang dalam perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa. Perda itu sudah ditetapkan dalam paripurna DPRD Kabupaten Majalengka pekan kemarin.

Untuk menguatkan Perda 2 Tahyn 2015 itu, dalam waktu dekat Bupati akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup).

"Nanti aturan itu dijabarkan lagi dalam petunjuk pelaksanaan pada peraturan bupati. Saat ini masih dalam dalam proses," katanya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Plikades Serentak Pilkades Majalengka Pemkab Majalengka Anggaran Pilkades

berita terkait

Gantolle Siap Meriahkan Gunung Panten Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi