Wah! Wacana Provinsi Bogor Raya Menyeruak

Karikatur Dodi Budiana/Jabarnews

JABARNEWS | KARIKATUR - Wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya kembali muncul kepermukaan publik, usulan tersebut disampaikan Walikota Bogor, Bima Arya.

Bima menyebutkan saat ini Pemkot Bogor tengah melakukan kajian sebagai dasar 3 opsi. Yakni perluasan wilayah, pembentukan provinsi baru dengan menyatukan administratif, dan memaksimalkan koordinasi antar wilayah.

Baca Juga:

Sukabumi Catat Ada 168 Warga Telah Meninggal Akibat Covid-19

Bima Arya Tak Bisa Ikut Vaksinasi Tahap Kedua Di Bogor, Ini Alasannya



Sementara itu, menjelang masa akhir jabatannya sebagai ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari berharap dan ingin provinsi tetap satu. Bogor kiranya dapat tetap masuk dalam Provinsi Jawa Barat, karena Provinsi Jabar selama ini diwakili oleh 3 etnis. Yakni wilayah Cirebon, wilayah Priangan, daj wilayah Bogor. Menurut Ineu, idealnya Jawa Barat memiliki 38 hingga 40 kabupaten dan kota, supaya pembangunan dan pelayanan publik lebih terjangkau masyarakat.

Sementara para pengamat menilai. Pemekaran wilayah perlu mempertimbangkan banyak aspek karena memang prosesnya tidak sederhana, salah satu diantaranya harus ada usaha maksimal dalam meningkatkan PAD. (Dod)

Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags : Provinsi Bogor Raya Daerah Otonomi Baru Kota Sukabumi Bima Arya Mang Jabar

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi