JMN Channel


Dilanda Kekeringan, Ribuan Hektar Sawah Gagal Tanam di Karawang

Daerah Pakisjaya sekitar 1.300 hektare lainnya belum ditanami padi karena petani kesulitan air untuk mengairi areal sawahnya.

Ilustrasi. (Net)

JABARNEWS | KARAWANG - Sejumlah wilayah pertanian dan sentra produksi beras di Jawa telah mengalami kekeringan hingga gagal panen (puso). Musim kemarau tahun ini, ribuan hektare areal persawahan di wilayah Karawang utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami gagal tanam.

"Air dari saluran irigasi tidak bisa mengalir ke wilayah Pakisjaya dan sekitarnya, padahal di daerah itu sudah masuk jadwal tanam," kata Ketua Serikat Tani Karawang (Setakar) Deden Sofian, di Karawang, Kamis (22/8/2019).

Baca Juga:

Soal Dugaan Korupsi di Damkar Depok, Kejari Bakal Panggil Kepala Dinas

BMKG: Memasuki Musim Kemarau, Lahan Pertanian Perlu Penanganan Khusus



Ia mengatakan, jadwal tanam padi di daerah sekitar Pakisjaya pada musim gadu seharusnya sudah dimulai pada akhir Juni 2019, tetapi hingga kini masih ada ribuan hektare sawah yang belum tanam.

Di wilayah utara Karawang atau di Pakisjaya, areal persawahan yang sudah ditanami padi hanya sekitar 600 hektare. Sedangkan sekitar 1.300 hektare lainnya belum ditanami padi karena petani kesulitan air untuk mengairi areal sawahnya.

Menurut dia, kondisi itu terjadi akibat minimnya air yang mengalir di saluran irigasi menuju wilayah Pakisjaya yang merupakan golongan air lima.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Musim Kemarau Dampak Kekeringan BPBD Karawang Kebakaran Ketahanan Pangan Gagal Panen

berita terkait

Waduh, 10 Unit Rumah Di Medan Hangus Terbakar

Video: Kebakaran Melanda Tanah Abang Jakarta

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi