KLHK Siapkan Sarana Pengelolaan Sampah Pulihkan DAS Citarum

Bantuan penyediaan sarana pengelolaan sampah kepada lima kabupaten yang dilalui oleh sungai Citarum, Jawa Barat.

Kementerian LHK melakukan Nota Kesepahaman dengan lima kabupaten kota membenahi DAS Citarum di Jakarta Agustus 2019. (Foto: KLHK)

JABARNEWS | JAKARTA - Pada tahun 2019 ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) mempunyai program bantuan penyediaan sarana pengelolaan sampah kepada lima kabupaten yang dilalui oleh sungai Citarum, Jawa Barat.

Lima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Bekasi, Purwakarta, Subang, Indramayu, dan Sumedang.

Baca Juga:

Menteri Lingkungan Hidup Lakukan Coastal Clean Up di Pelabuhan Cirebon

Menteri LH Resmikan Bekas TPA Cicabe Bandung, Jadi PDU Sampah



Ditjen PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati, mengharapkan agar bantuan dari pemerintah pusat ini dapat digunakan sebaik-baiknya.

"Saya berharap sarana dan prasarana yang dibangun nanti tolong digunakan dengan baik untuk menjaga dan mengoptimalkan pengelolaan sampah," kata Vivien dalam sambutannya usai menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan lima kabupaten yang dilalui oleh sungai Citarum, Jawa Barat, dilansir dari laman jpp.go.id.

Rosa juga menekankan bahwa pemerintah melakukan multi pendekatan dalam pengelolaan sampah. Pertama adalah kampanye yg masif untuk mengurangi sampah. Kedua adalah pendekatan Circular Economy, bagaimana sampah bisa menghasilkan nilai ekonomis, dalam hal ini pusat daur ulang berperan sangat penting. Ketiga, adalah melalui teknologi, dengan membangun incinerator, biodogester, dan sebagainya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kementerian LHK Pusat Daur Ulang Bank Sampah Induk Pengelolaan Sampah

berita terkait

Aksi Bebersih Sungai Ciliwung Cetak Rekor MURI

Ridwan Kamil Kunjungan Kerja Ke Eropa Menbawa Tiga Misi

Ramambu, Inovasi untuk Hilangkan Bau Sampah Karya Mahasiswa UI

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi