Warga Ciamis Dihebohkan Penemuan Fosil Geraham Gajah Purba

JABARNEWS | CIAMIS – Temuan fosil yang diduga bagian gigi geraham gajah purba ditemukan oleh Sarman, warga Desa Bangungharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Benda tersebut ditemukan saat menggali tanah untuk kolam ikan, tidak jauh dari aliran Sungai Cihonje.

Penemuan itu bermula saat Sarman mencangkul untuk membuat kolam ikan di areal persawahan di sisi sungai, Senin (19/8/2019) lalu. Ketika tengah mencangkul, mata cangkulnya membentur benda keras. Benda keras tersebut kemudian dikorek, dengan maksud untuk disingkirkan.

Setelah berhasil diangkat, ia kaget karena melihat benda yang semula dikira batu ternyata memiliki struktur yang berbeda dengan batu biasanya. Salah satu sisinya terdapat beberapa baris guratan teratur.

Baca Juga:  Simak! Begini Jadwal KRL Jabotedabek Terbaru

Ia lalu menyampaikan temuannya kepada tetangga hingga akhirnya juga sampai ke pihak Desa Bangunharja.

“Kami sudah mengetahui ada temuan tersebut. Berikutnya juga sudah memberitahukan hal itu kepada Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) untuk penanganan berikut,” tutur Sekretaris Desa Bangunharja, Warjo, Jumat (23/8/2019).

Ia mengungkapkan, benda beras yang diyakini sebagai fosil hewan purba berukuran besar tersebut beratnya sekitar satu kilogram dan lebar 20 sentimeter. Menariknya, salah satu bagian ada guratan yang tertata rapi, mirip deretan susunan gigi.

“Biar tidak penasaran, perlu penelitian lebih mendalam untuk memastikan fosil tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:  Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Pilot Paramotor FASI Ini Catat Rekor Dunia

Sementara itu, Syarif Hidayat warga Bangungharja mengungkapkan, berdasar gambar yang diterimanya, benda yang ditemukan di Bangunharja, mirip dengan fosil gajah purba yang sebelumnya ditemukan di Urug Kasang, Kecamatan Tambaksari.

Saat ini benda tersebut menjadi koleksi Museum Purba Tambaksari, Ciamis. Bersanding dengan beberapa fosil hewan purba lainnya seperti gigi gajah purba, seperti gigi kuda nil purba, rusa purba dan lainnya.

“Perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejarah fosil tersebut. Mulai dari jenisnya apa, umurnya berapa, hidupnya pada masa apa. Apakah terdapat hubungan antara fosil tersbeut dengan temuan fosil hewan purba yang sebelumnya ditemukan di Urug Kasang, Tambaksari yang letaknya bersebelahan,” kata Syarif.

Baca Juga:  Siapa Pengurus Wandik Kabupaten Purwakarta Ke Depan? Ini Calonnya

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpora Ciamis Tetet Widiyanti juga mengaku sudah mendapatkan laporan soal temuan fosil di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga. Menindaklanjuti hal itu, pihaknya juga melakukan konsultasi dengan tim ahli fosil dari Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat.

“Balar membenarkan apabila fosil yang ditemukan itu berupa rahang bawah gajah purba. Arkeolog Balar Jabar, Lutfi membenarkan berdasar strukturnya fosil tersebut merupakan rahang gigi gajah purba,” tandas Tetet. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat