bjb

Purwakarta Miliki Bank Sampah Induk Bantuan KLHK

Ilustrasi- Tempat Sampah Sedekah. (Foto: Pemkab)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dalam waktu dekat akan memiliki Bank Sampah Induk (BSI) di tingkat kabupaten.

Bank Sampah Induk tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) yang diterima Pemkab Purwakarta belum lama ini.

"Bantuan Bank Sampah Induk ini berasal dari KLHK guna percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Intinya untuk mendukung program Citarum Harum," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta, Deden Guntara saat ditemui JabarNews.com, Jum'at (23/8/2019).

Selain untuk mendukung program Citarum Harum, adanya Bank Sampah Induk ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah.

Bank Sampah Induk itu nya nanti, ujar Deden akan ditempatkan Desa Ciwareng dan masyarakat yang akan mengelolanya.

Selain bisa mengurangi jumlah sampah yang ada, adanya pengelolaan Bank Sampah Induk pasti akan bernilai rupiah. Itu nanti kembalinya ke masyarakat lagi hasil keuntungannya.

Baca Juga:

Meriahkan HUT RI, Satgas Citarum Harum gelar Lomba KJA

Diduga Cemari DAS Citarum, Satgas Bersama Muspika Sidak 4 Pabrik

Bantuan yang diberikan KLHK tersebut selain pembangunan gedung, juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang lainnya agar Bank Sampah Induk tersebut bisa beroperasi.

"Diperkirakan pembangunan Bank Sampah Induk ini mulai dikerjakan bulan depan," ujar Deden.

Saat ini ujar Deden, di Kabupaten Purwakarta baru ada 10 Bank Sampah, dan 1 Bank Sampah Induk yang segera dibangun.

"Idealnya, untuk Bank Sampah bisa ada di setiap desa dan kelurahan, dan setiap kecamatan memilik Bank Sampah Induk," ucap Deden. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Bank Sampah Induk Dinas Lingkungan Hidup Purwakarta Citarum Harum Kementerian LHK
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi