Yasonna Laoly Pimpin Rapat Persiapan Sail Nias 2019

JABARNEWS | MEDAN – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly memimpin rapat koordinasi persiapan pengamanan acara puncak Sail Nias Tahun 2019 di Kantor Gubernur Sumatera Utara, di Kota Medan, Sabtu (24/8/2019).

Rapat bertujuan untuk mendapatkan laporan dan update informasi tentang skenario pengamanan Sail Nias 2019 yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang direncanakan pada 14 September mendatang.

“Kehadiran Presiden pada acara Sail Nias 2019, perlu persiapan keamanan yang sesuai standar dan prosedur,” kata Yasonna.

Yasonna menegaskan, seluruh hal yang berkaitan dengan acara diperhatikan secara baik. Keamanan di tingkat daerah, mulai dari Polda Sumut dan jajaran Polres, jajaran TNI mesti siaga semua. Begitupun dengan tim kesehatan daerah, seperti Dinas Kesehatan, Basarnas dan lembaga lainnya yang terlibat harus selalu siap.

Baca Juga:  Kasus Anggota Polisi Tabrak Tiga Pemotor, Polda Metro Jaya Buka Rekaman CCTV

“Persiapan dimulai sejak tanggal 4 September. Baik itu secara struktur dan prosedural. Mohon selalu dilaporkan bagaimana keamanannya sehingga tahapan puncak acara bisa berjalan dengan baik,” kata Yasonna mengingatkan.

Ia juga menekankan agar teknis pengamanan harus benar-benar dipastikan berjalan sesuai rencana, baik di luar lokasi maupun di dalam lokasi Sail.

Baca Juga:  Kabid Kepemudaan Tanggapi Pesta Miras Oplosan Berujung Maut di Purwakarta

Hingga selesai acara, semua tim pengamanan bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi. Apalagi sering kali Presiden berhenti di sekolah dan tempat-tempat umum yang di luar titik yang dijadwalkan.

“Harus dipastikan flownya,” sambung Yasonna.

Diakhir rapat, Yasonna juga menekankan pada panitia dan seluruh instansi yang terlibat selalu memberikan update perkembangan perharinya. Bila ada kekurangan persiapan segera diselesaikan. Jangan biarkan ada masalah terbengkalai. Harus ada solusi dan langsung ditangani.

Acara Sail Nias sendiri akan diikuti 3.000 peserta dan 1.500 tamu undangan. Terkait dengan rekayasa lalu lintas dan keamanan hingga acara puncak, perlu diperhatikan dan pastikan berjalan lancar oleh panitia nasional maupun lokal yang telah diberi tanggung jawab.

Baca Juga:  Kota Bekasi Perpanjang PPKM Level 3 Sepekan ke Depan, Ini Ketentuannya

Sementara itu, Dirjen PPMD Kemendesa, Taufik Madjid, yang dipercayakan sebagai Koordinator acara Puncak Sail Nias 2019 memaparkan skenario acara puncak event pariwisata guna mempersiapkan kedatangan Presiden.

“Seluruh pengisi acara diharapkan mempedomani rundown yang telah disusun, agar pelaksanaan acara dapat berjalan lancar,” ucap Taufik. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat