bjb

Peringati Hari Jadi, Ratusan Siswa Kuningan Ikuti Aneka Lomba

Salah seorang peserta lomba menyanyi lagu nasional sedang tampil di hadapan juri. (Foto: Antara)

JABARNEWS | KUNINGAN - Setiap tanggal 1 September merupakan hari yang bersejarah bagi Kuningan. Hal ini karena ditetapkannya sebagai Hari Jadi Kuningan atau biasa disebut kota kuda.

Dalam rangka memperingati hari jadi Kuningan, Perpustakaan Desa (Perpusdes) Kertayasa, Kecamatan Sindang Agung, mengadakan lomba yang melibatkan sekitar 200 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

"Alhamdulilah, Perpusdes bisa melaksanakan kegiatan lomba puisi, menyanyi lagu nasional dan mewarnai. Tentu ini semua berkat kerjasama dan kontribusi dari berbagai pihak, pengelola, dan pemerintah desa," kata Pjs Desa Kertayasa, Kasbu.

Ide segar, inovasi dan terobosan, menurut Kasbu, akan mengakselerasi terwujudnya misi Desa Kertayasa yakni di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi dan rasa nasionalisme sejak usia dini.

"Saya imbau agar keberanian untuk melakukan terobosan ini juga berkesinambungan terutama jika dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Jangan takut melangkah apalagi gagal, lakukan dan berikan yang terbaik," imbuh Kasbu.

Ketua Perpusdes Kertayasa Agus Salim, menyatakan bahwa Perpusdes yang berlokasi di Desa Kertayasa Kecamatan Sindang Agung itu dinobatkan sebagai perpusdes terbaik di Kabupaten Kuningan, karena memiliki berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan budaya literasi masyarakatnya.

"Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Kertayasa dalam mendukung kegiatan ini, dan saya ucapkan selamat kepada para peserta atas raihan prestasi ini," kata Agus.
Baca Juga:

Imbas Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Sementara

Tragis.. Remaja di Kuningan Dicekoki Miras Lalu Dicabuli


Ia berharap selain kelengkapan Perpusdes seperti koleksi buku, komputer, layanan internet, wi-fi dan mini home theater, untuk masyarakat Desa Kertayasa, juga berharap dilengkapi dengan adanya audio book.

Audio book adalah rekaman pembacaan buku, sehingga menghasilkan arsip digital berupa mp3 atau format audio lainnya. Dengan format tersebut, masyarakat dapat menambah berbagai pengetahuan tanpa harus membaca buku.

ÔÇťAudio book bisa juga kita sebut perpustakaan digital. Kami ingin mendapatkannya dari pengadaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)," ungkapnya.

Menurut dia, perpustakaan digital ini sebuah terobosan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat, dan pemanfaatan ICT (Information and Communication Technology) untuk kemajuan desa. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Hari Jadi Kuningan Kota Kuda Perpusdes Kuningan

berita terkait

Momentum Lebaran, Permintaan Tape Ketan Meningkat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi