JMN Channel


Musim Kemarau, Permukaan Embung Ciberut Argapura Menyusut

Embung Ciberut dibangun setahun lalu itu, terlihat menyusut hingga kedalaman 5 sampai 6 meter.

Embung Cibeurut di Desa Heubelu Isuk Kecamatan Argapura menyusut drastis. (Foto: Rik/Jabarnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Kolam buatan atau embung Ciberut di Desa Heubeul Isuk Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka menyusut drastis. Menyusutnya embung ini penanda semakin menipisnya debit air yang berada di area perbukitan kaki gunung Ciremai.

Namun, saat ini tampungan air yang baru dibangun setahun lalu itu, terlihat menyusut hingga kedalaman 5 sampai 6 meter lebih. Meskipun begitu, kondisi airnya masih banyak, sebab kedalamannya mencapai 12 meter‎ lebih, dengan daya tampung air yang mencapai 22 ribu meter kubik dari luas 5.500 meter persegi.

Baca Juga:

Soal Dugaan Korupsi di Damkar Depok, Kejari Bakal Panggil Kepala Dinas

BMKG: Memasuki Musim Kemarau, Lahan Pertanian Perlu Penanganan Khusus



Salah seorang petani setempat, Tata mengatakan kondisi air Embung Cibeurut ini terus mengalami penyusutan. Sejak ada embung, pengairan sawah pertanian mengandalkan air yang ada dalam genangan embung tersebut.

"Saat ayeuna mah, sebab musim kemarau. Didieu mah teu kakurangan cai, cuma mun ningali kondisi embung, katingalina saat. (saat ini kondisi airnya menyusut, sebab musim kemarau panjang. Di sini itu tidak kekurangan air, hanya kalau melihat kondisi embung, terlihat menyusut. Red)" ungkapnya, dalam bahasa Sunda, Minggu (25/8/2019).

Tata menambahkan sejak ada embung Cibeurut di wilayahnya, jika sore hari banyak anak-anak muda yang bermain di sekitar embung. Alasannya, di tempat tersebut bisa melihat matahari terbenam dengan sangat indah.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Musim Kemarau Dampak Kekeringan BPBD Majalengka Kebakaran Ketahanan Pangan Embung Ciberut

berita terkait

Waduh, 10 Unit Rumah Di Medan Hangus Terbakar

Video: Kebakaran Melanda Tanah Abang Jakarta

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi