Golkar Tetapkan Ahmad Sanusi sebagai Ketua DPRD Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ahmad Sanusi ditetapkan sebagai calon pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta untuk periode 2019-2024, berdasarkan surat keputusan Nomor: R-800/GOLKAR/VIII/2019 yang dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

“Penetapan calon pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta atas nama Ahmad Sanusi, atau yang kerap disapa Haji Amor itu telah ditandatangi oleh DPP pada tanggal 20 Agustus 2019 lalu,” kata Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta, Ahmad Habibie Bungsu Maula Akbar, kepada sejumlah awak media, Senin (26/8/2019) di Purwakarta.

Baca Juga:  PTM di Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna: Sekolah dan Orangtua Harus Terjalin Baik

Menurutnya, hal ini menindaklanjuti surat DPRD Kabupaten Purwakarta, Nomor: 172.2/778/DPRD, tertanggal 8 Agustus 2019, tentang usul Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta masa jabatan 2019-2024.

“Selanjutnya, DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta menyampaikan penetapan nama calon Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta masa jabatan 2019-2024 adalah saudara Ahmad Sanusi,” ujar Maula.

Baca Juga:  Lima Wisata Pantai Indonesia Sebagai Surga Bagi Para Peselancar

Diketahui, Ketua DPRD Kabupaten atau Kota adalah jabatan politis yang penetapan jabatannya diajukan oleh partai politik pemenang Pemilu Legislatif. Kemudian diputuskan oleh SK Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur dan dikukuhkan oleh Pengadilan Negeri setempat dalam satu sidang paripurna istimewa.

Jabatan Ketua DPRD dari sisi hak dan tanggung jawab ibarat dimajukan selangkah, dinaikkan seranting dibanding anggota DPRD. Ketua Dewan memiliki tugas, diantaranya: memimpin rapat-rapat di DPRD, mewakili anggota dalam kegiatan resmi pemerintahan, mewakili anggota dalam persidangan pengadilan yang melibatkan DPRD.

Baca Juga:  IPNU Dan IPPNU Kabupaten Purwakarta Gelar Pesantren Kilat

Selain itu, Ketua DPRD juga menjadi anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) Kabupaten/Kota dan menandatangani MoU kebijakan umum anggaran atau pagu plafon anggaran sementara APBD Kabupaten bersama Bupati. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat