Diduga Korsleting Listrik, Ruang Bimker Lapas Sukabumi Terbakar

JABARNEWS | SUKABUMI – Ruang bimbingan kerja (Bimker) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Sukabumi, di Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, hangus terbakar. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 01:00 WIB Rabu (28/8/2019). Api berhasil dipadamkan setelah 3 unit kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain menduga kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik yang kemudian merambat ke kain bahan pembuatan keset di gudang Bimker.

Baca Juga:  Robert Albert Sambut Positif Jamu Persija di Bali

“Kami mendapatkan informasi dari pihak lapas bahwa terjadi kebakaran dan tim pun segera ke sana untuk melakukan evakuasi,” katanya.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.15 WIB. Akibat kejadian tersebut, seluruh barang di ruangan Bimker seperti tenda panggung, besi panggung, empat mesin jahit, dua lemari penyimpanan sandal, serta bahan dari kain hangus tebakar.

Baca Juga:  Pembuatan Saluran Air oleh Satgas TMMD

“Saat kejadian itu kami mengerahkan 3 unit mobil pemadam kebakaran, ” ujarnya.

Kalapas Kelas II B Sukabumi, Yunianto, menyebutkan, ruangan itu diisi banyak kain. Sehingga, saat terjadi hubungan arus pendek listrik mudah terbakar.

“Ada kain perca bahan pembuatan keset dan tenda yang disimpan di sana. Makanya mudah terbakar,” kata dia.

Kebakaran tersebut tidak berdampak kepada peghuni karena ruangan yang terbakar berada di samping ruangan para penghuni lapas.

Baca Juga:  Pj. Gubernur Lakukan Pertemuan Dengan Gubernur Jabar Terpilih

“Bukan gedung lapas yang terbakar. Tapi ruangan bimbingan kerja yang di sampingnya,” ujar dia.

Beruntung, lanjut dia, dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau hal lain yang tidak di inginkan.

“Alhamdulillah hanya kain perca dan tenda yang terbakar. Alhamdulillah sekarang semua kembali berjalan dengan normal,” pungkasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat