bjb

Mendagri: 70 Persen PDAM Alami Kerugian

Ilustrasi. Air Bersih PDAM. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo menyebutkan, sebanyak 70 persen Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) yang dikelola pemda mengalami kerugian.

Hal itu diungkapkan Tjahjo setelah menghadiri acara Kemendagri dengan tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik" di Grand Hotel Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

"Saya selama lima tahun kurang satu bulan (menjabat Mendagri), itu sudah menemukan hampir di atas 70 persen BUMD di seluruh Indonesia itu rugi, yaitu air minum PDAM," kata Tjahjo, dilansir dari laman jpnn.com.

Tjahjo menjelaskan, pemerintah pusat mendapatkan efek negatif ketika PDAM merugi. Hampir setiap tahun pemerintah pusat menyuntik dana bagi PDAM.

"Kami melapor ke presiden, melapor ke menteri keuangan juga, ini kalau enggak disubsidi oleh pemerintah pusat ini kolaps, karena rugi semua," ujarnya.
Baca Juga:

Bupati Bogor Antisipasi Gagal Panen Memasuki Musim Kemarau

Embung Rusak dan Tercampur Air Laut, Petani Majalengka Tunda Bertani


Menurut Tjahjo, pemerintah pusat setidaknya menyuntikkan dana Rp 5 Triliun per tahun agar PDAM tidak tutup buku. Ke depan, lanjut dia, BUMD diharapkan tidak terus merugi.

"Kami ingin, dari Kemendagri, agar BUMD itu sehat dan untung, supaya pertumbuhan daerah itu maju," tutur dia. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : PDAM Alami Kerugian Mendagri Tjahjo Kumolo BUMD Merugi
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi