Yana Minta Destinasi Wisata Halal Segera Terwujud di Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Wisata halal merupakan bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan Muslim. Pelayanan wisatawan dalam pariwisata halal merujuk pada aturan-aturan Islam. Tempat-tempat wisata berlabel halal akan segera terwujud di Bandung.

Plh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta wisata halal segera terwujud. Sehingga dapat menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Kota Bandung.

“Secepatnya ya dengan tim percepatan terus kordinasi. Sehingga Bandung ke depannya bisa menghadirkan wisata yang betul-betul halal,” pinta Yana saat memimpin rapat Wisata Halal di Balai Kota Bandung, Rabu (28/8/2019).

Yana mengatakan, kawasan wisata halal bukan hanya dilihat dari makanannya saja. Tetapi juga dari fasilitas seperti toilet, lingkungan tempat makan dan lainnya.

Baca Juga:  PPDB Tahap Dua Untuk SMA dan SMK di Purwakarta Resmi Dibuka, Berikut Kuotanya

“Semuanya harus serba halal. Bukan hanya makanan saja, banyak komponen selain itu,” katanya.

Ia pun mendorong agar wisata halal bisa berkolaborasi dengan segala pihak, seperti hotel halal.

“Kita dorong satu hotel, misalnya hotel syariah bisa kelola semuanya dengan teknik halal. Jadi bukan sekedar lebel saja, sehingga orang itu tenang kalau berkunjung ke Bandung,” tutur Yana.

Untuk memudahkan masyarakat mengakses maupun mengkonsumsi makan halal, ia menyarankan agar menggunakan teknologi yang canggih. Di antaranya melalui aplikasi yang mudah diakses.

Baca Juga:  Cara Atasi Ngantuk saat Kerja Siang, Coba Sekarang Juga!

“Bisa gunakan aplikasi sehingga wisatawan cari makanan di kawasan halal bisa dengan mudah,” anjurnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengaku segera menyusun road map wisata halal Kota Bandung.

“Road mapnya juga akan kita susun bahkan sampai tahun 2023. Tinggal di- ‘breakdown’ lagi rinci lebih teknisnya. Terutama beberapa hal seperti integritas promosi dan sebagainya,” kata Kenny sapaan akrabnya.

Menurutnya, hadirnya wisata halal bisa meningkat okupansi di Kota Bandung.

Baca Juga:  Yuk Bikin Sate Maranggi Khas Purwakarta yang Bikin Nagih, Caranya Mudah Loh!

“Bandung potensinya luar biasa besar. Kesempatan Bandung untuk menambah okupansi hotel dalam hal pendapatan. Pendapatan okupansi dari wisatawan itu kan minimal 4 hari, nah itu bisa dibayangkan sarana maupun prasarana bisa untuk wisatawan tersedia di Bandung,” jelasnya.

Ia pun berharap, ruang publik di kota Bandung bisa lebih representatif agar wisawatan yang berkunjung lebih nyaman.

“Ruang publik untuk pemasaran dan lingkungan yang menunjang. Ini tugas tim percepatan nanti. Insyaallah kita akan deklarasi September, bahwa Kota Bandung siap dalam wisata halal,” tandas Kenny. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat