JMN Channel


Karawang Andalkan Pemerintah Pusat Revitalisasi Irigasi Tertier

Sekitar 600 hektare yang ditanami padi. Sedangkan sekitar 1.300 hektare lainnya belum ditanami padi karena petani kesulitan air

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | KARAWANG - Tidak mencukupinya pasokan air saluran irigasi akibat kemarau dan tidak memiliki cukup anggaran untuk melakukan revitalisasi saluran irigasi tertier. Membuat Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, mengandalkan bantuan pemerintah pusat untuk memperbaiki saluran irigasi tertier yang mengalami kerusakan.

"Saat ini saluran irigasi tertier yang berfungsi mengairi areal sawah banyak yang rusak, umumnya mengalami pendangkalan," kata Kepala Dinas Pertanian setempat Hanafi, di Karawang, Kamis (29/8/2019).

Baca Juga:

Tawuran Saat Ramadhan, Geng Motor di Karawang Diamankan

Askses Gerbang Tol Karawang Timur Rusak dan Bikin Macet, Ini Langkah Pemerintah



Menurut dia, sesuai dengan catatan Dinas Pertanian pada musim kemarau seperti saat ini, terdapat 1.644 hektare sawah yang kekurangan air akibat saluran tersiernya mengalami pendangkalan. Selain itu, seluas 123 hektare sawah sudah puso.

"Dalam menangani kesulitan air ini, kami hanya bisa membantu dengan bantuan pompa air," kata dia.

Menurut dia, sudah waktunya saluran irigasi tertier di wilayah Karawang direvitalisasi, karena banyak yang mengalaminya pendangkalan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kekeringan Revitalisasi Tertier Dinas Pertanian Karawang PJT II

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi