bjb

Dinilai Meresahkan, Guru SMK di Tasikmalaya Gergaji Knalpot Racing

Pihak SMK Nurusalam Salopa merazia knalpot racing milik siswa. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | TASIKMALAYA - Knalpot racing atau brong memang sangat mengganggu. Bukan cuma suaranya yang bising, tapi knalpot brong atau racing dinilai menyalahi aturan sesuai spesifikasi teknik pabrikan dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

Wakasek Kesiswaan SMK Nurusalam Salopa meminta para muridnya untuk memarkirkan motor-motornya di depan sekolah. Hal tersebut dilakukan guna mendata kendaraan motor yang menggunakan knalpot bising yang cukup memekakan telinga.

"Hal ini dilakukan mengingat dirinya selalu menerima keluhan baik dari para guru maupun masyarakat terhadap knalpot bising siswa yang cukup meresahkan, berdasarkan itulah akhirnya pihaknya melakukan sweeping bersama kepala jurusan TBSM untuk menggergaji dan mengganti knalpot siswa dengan knalpot standar," ujar Wakasek Kesiswaan SMK Nurusalam Salopa, Teri Sugiantoro.

Sedikitnya, ada belasan motor yang menggunakan knalpot bising berhasil diamankan pihak sekolah dan knalpot tersebut langsung digergaji di tempat oleh guru, tepat di depan sekolah SMK Nurussalam Salopa, Jumat (30/8/2019).

“Ya ini sebagai bentuk penerapan kedisplinan siswa di kami terutama bagi mereka yang menggunakan sepeda motor dengan knalpot bising, agar mereka paham, bahwa yang mereka gunakan menyalahi aturan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK Nurusalam Salopa, Deni Romdoni menegaskan, bentuk sweeping ini adalah metode yang sudah sering diterapkan kepada para siswa, meski terkadang para siswa kerap kali membongkar lagi knalpotnya dan digantikan dengan knalpot bising di rumahnya.
Baca Juga:

Pilpres Kondusif, Warga Kabupaten Tasik Gelar Doa Istigosah

Dinsos Kab. Tasik Minta Masyarakat Kembalikan Beras Buruk


“Saya hanya menyarankan kepada orang tua agar bisa memperhatikan anak-anaknya dalam berkendaraan, terutama dengan menggunakan knalpot bising ini,” terang Deni.

Ditambahkan Deni, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian agar bisa menegur dan membuat efek jera jika siswanya kedapatan memakai knalpot bising di jalan raya.

“Ya saya sudah minta pihak kepolisian sektor salopa jika menemukan anak didik saya menggunakan motor dengan knalpot bising agar dilakukan pembinaan dan teguran keras,” pungkasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Knalpot Bising SMK Nurusalam Salopa Polda Jabar Tasikmalaya
properti

berita terkait

Warga Kabupaten Tasikmalaya Keluhkan BPNT

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi