Bawaslu Purwakarta Diminta Terus Beri Pembelajaran Pemilu

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pasca pelaksanaan Pemilu serentak 2019, Bawaslu Kabupaten Purwakarta diminta untuk terus memberikan pembelajaran Pemilu kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Zaki Hilmi saat menjadi pemateri dalam kegiatan Refleksi Tahapan Pemilu 2019 yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Purwakarta, di Hidden Valley Hills, Sukatani, Jumat (30/8/2019).

“Dalam waktu dekat ini kan tidak ada Pilkada di Purwakarta, oleh karena itu kita minta Bawaslu Purwakarta terus memberikan pembelajaran pemilu kepada masyarakat di wilayahnya,” kata Zaki.

Baca Juga:  Ceroboh Saat Nyalip, Pemotor Ini Kena Senggol Truk Lalu Tewas

Zaki menjelaskan pembelajaran pemilu harus dilakukan tidak hanya menjelang pelaksanaan saja, sehingga disaat pelaksanaan pemilu nantinya semua warga yang memiliki hak suara bisa berperan aktif.

“Politik edukasi harus tetap dilakukan dengan harapan masyarakat bisa melek politik dan siap menjadi politisi atapun pemimpin masa depan yang sadar politik,” jelas Zaki.

Zaki juga menilai kinerja Bawaslu Purwakarta cukup baik. Finalisasi kinerja itu salah satunya bisa dilihat dari hasil sidang gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK), dimana tidak ada satupun yang dikabulkan.

Baca Juga:  Harapan DPRD Jabar Terkait Pembangunan Tol Cisumdawu Seksi I-III

Sementara itu, Ketua Bawaslu Purwakarta Ujang Abidin mengatakan, pelaksanaan Refleksi Tahapan Pemilu 2019 bertujuan untuk menyampaikan hasil kinerja apa saja yang telah dilakukan. Baik kinerja dalam melakukan pengawasan, pencegahan hingga penindakan.

“Apa saja yang telah dilakukan, dan akan dilakukan Bawaslu Purwakarta adalah hal penting yang juga harus di informasikan kepada masyarakat, sehingga nantinya ada masukan-masukan demi menjadikan kami lebih baik lagi,” kata Ujang.

Baca Juga:  Airlangga Temui AHY di Cikeas Bogor, Demokrat dan Golkar Sepakati Soal Ini

Ujang juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, baik pemerintah daerah, KPU, pihak kepolisian, TNI, OKP, masyarakat dan pihak lainnya yang ikut andil dalam melakukan pengawasan Pemilu serentak 2019 kemarin.

“Tantangan Pemilu serentak 2019 kemarin cukup besar, namun semua itu bisa dilalui berkat dukungan dari semua pihak. Kesuksesan pemilu kemarin bukan hasil kinerja Bawaslu atau KPU saja, namun kinerja dari semua pihak dan peran serta masyarakat Purwakarta,” ucapnya. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat