bjb

Hingga Agustus, Tingkat Perceraian PNS Bandung Tinggi. Apa Sebabnya?

Kantor Pengadilan Agama Bandung. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Tingkat perceraian Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pengadilan Agama Bandung sampai bulan Agustus 2019 meningkat dibandingkan tahun 2018. Dalam tahun ini saja, ada 38 permohonan izin perceraian PNS di lingkungan Pemkab Bandung yang diterima Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat. 

Kepala Bidang Mutasi BKPSDM, Lanie Sulistiani, menyebutkan permohonan tersebut masuk sejak Januari hingga Agustus 2019. Dari puluhan permohonan itu 19 di antaranya pemohon telah mendapatkan akta cerai, satu permohonan ditolak, lima permohonan dalam proses penandatanganan, dan 15 permohonan masih dalam pembahasan.

“Permohonan itu tengah diproses tim penasehat,” katanya, seraya menambahkan, proses izin pernikahanan dan perceraian PNS diataur dalam PP 10/1983 dan PP 45/1990.

Dia menyebutkan dari banyaknya permohonan izin cerai, terdapat empat kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Selain bersifat kekerasan fisik ada juga kasus penekanan psikologis yang dilakukan pelaku terhadap korban.

"Umumnya PNS mengajukan permohonan izin cerai antara lain istri meminta cerai karena dimadu, suami berzinah, suami melakukan kekejaman atau penganiayaan berat, baik lahir maupun batin terhadap istri," ujarnya.

Pemberian atau penolakan izin untuk melakukan perceraian, lanjut Lanie, dikeluarkan oleh pejabat secara tertulis dalam jangka waktu selambat-lambatnya tiga bulan terhitung permohonan tersebut diajukan.
Baca Juga:

Pohon Besar Di Cicalengka Tumbang, Jalan Lumpuh Total

Jamu Persiwa, Persib Masih Upayakan Main Di GBLA


“Juga suami menjadi pemabuk, pemadat, dan penjudi yang sulit disembuhkan dan suami telah meninggalkan istri selama dua tahun berturut-turut tanpa izin istri dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain di luar kemampuannya,” ujar dia.

Dia menyebutkan, mayoritas PNS yang mengajukan permohonan izin cerai adalah guru sekolah.

“PNS yang akan melakukan perceraian atau menikah lagi wajib meminta izin dari pajabat, dalam hal ini bupati yang dilegalisasikan kepada Sekda dan BKPSDM,” pungkasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Kasus Perceraian PNS Bercerai BKPSDM Bandung Bandung

berita terkait

Bojan Terlambat Gabung Persib Karena Masalah Visa

Bojan Mulai Berlatih Bersama Punggawa Persib

Kadis Damkar Kabupaten Bekasi Akui Terima Rp 1 M Meikarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi