bjb

Sambut Tahun Baru Islam, Pemprov DKI Gelar Jakarta Muharram Festival

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah. (Foto: JabarNews)

JABARNEWS | JAKARTA - Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah pada Minggu (1/9/2019).  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar berbagai kegiatan dengan nama Jakarta Muharram Festival 2019.

Mengambil venue di Bundaran Hotel Indonesia (HI), kegiatan diawali pada Sabtu (31/8/2019) malam berupa pawai obor yang melibatkan sekitar 3.000 peserta serta berbagai atraksi tari, lagu religi, salawat nabi, serta penampilan artis-band nasional.

"Selain pawai obor dan beragam atraksi juga akan ada tausiyah dan doa bersama yang akan dilakukan dalam momen pergantian tahun Hijriah tersebut,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah saat dihubungi Jabarnews, Jumat (30/8/2019).

Saifullah menyebutkan rangkaian kegiatan Jakarta Muharram Festival  juga ada Halal Culinary Festival yang berlokasi didua titik utama, yaitu Jl. Kebon Kacang Raya dan Jl. Imam Bonjol. 

"Halal Culinary Festival nanti masyarakat dapat menikmati wisata kuliner bersama-sama pada suasana akhir pekan di Ibu kota," ujar Saifullah.

Menyambut momen tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bekerja sama dengan Dirlantas Polda Metro Jaya akan melaksanakan penutupan sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jl Soedirman menuju Dukuh Atas pada saat kegiatan berlangsung.

Pada Jumat (30/8/2019) siang ini, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan sejak pukul 14.00 hingga 21.00 Wib.

Selanjutnya pada Sabtu, 31 Agustus 2019, rekayasa lalin juga akan diberlakukan di jalur yang sama, namun dengan waktu yang berbeda yakni mulai  pukul 14.00 hingga 24.00 Wib. 
Baca Juga:

Pembentukan Panmus P3SRS Apartemen Kalibata City Dead Lock

Berpengaruh Positif, Uji Coba Rekayasa Lalin di Kota Bandung Jadi Permanen


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, ratusan personel akan memandu rekayasa lalu lintas di beberapa titik di sekitar lokasi kegiatan Jakarta Muharram Festival dengan melakukan penutupan dan pengalihan arus lalin.

"Kami akan mengerahkan sebanyak 347 petugas untuk memandu pelaksanaan rekayasa lalu lintas, siang ini," kata Syafrin dihubungi Jabarnews secara terpisah Jumat (30/8/2019).

Syafrin juga mengatakan pihaknya menyiapkan sejumlah titik lokasi parkir kendaraan bagi masyarakat yakni di kawasan IRTI Monas, Jalan Imam Bonjol, Park and Ride Thamrin 10, dan Plaza Mandiri.

Oleh karenanya dia menghimbau agar masyarakat lebih baik menggunakan transportasi umum baik Busway, MRT, maupun lainnya untuk menghindari penumpukan kendaraan di sejumlah lokasi titik parkir tersebut.

"Kami berharap masyarakat yang akan beraktivitas maupun ingin menyaksikan atau menghadiri Jakarta Muharram Festival untuk menggunakan transportasi umum," pungkasnya. (Kis)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : DKI Jakarta Tahun Baru Islam Muharram Festival 2019 Rekayasa Lalu Lintas

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi