Aher Dukung Rencana Pemindahan Ibu Kota Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mendukung rencana pemindahan ibu kota provinsi itu dari Kota Bandung ke daerah lain. Menurutnya, pemindahan itu cukup mendesak karena Kota Bandung sudah padat.

“Bandung padat, harus ada sebuah ikhtiar. Tidak mengurangi apa kehebatan Kota Bandung, tapi kita menambah dengan cara membuat kawasan baru, melahirkan kota baru,” kata Aher, dilansir dari laman vivanews.com, Jumat (30/8/2019).

Baca Juga:  Nestlé Beri Susu Steril Kepada Wartawan PWI Jabar, Agar Stamina Terjaga

Kota Bandung, ujar Aher, kini dihuni penduduk yang jumlahnya melebihi kapasitas sebagaimana kota itu dirancang dahulu. Bandung awalnya dirancang ideal dihuni 750 orang sampai 1 juta orang.

“Sekarang sudah 2,5 juta, sudah melampaui kapasitas itu,” tuturnya.

Tiga wilayah, yaitu Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan kawasan utara Jawa Barat dikaji untuk menjadi pengganti Kota Bandung.

Baca Juga:  Menaker Ida Tegaskan Gubernur harus Umumkan UMP Paling Lambat 21 November

Aher menjelaskan salah satu pilihan, Walini, karena wilayah itu di tengah-tengah antara Bandung dan Jakarta.

“Saat itu terpikirkan oleh kita, merancang dengan sejumlah pihak untuk membentuk kota baru di kawasan Walini, yang sekarang tempat pusat kereta cepat,” katanya.

Seperti diketahui, ibu kota Jawa Barat direncanakan dipindahkan dari Kota Bandung, karena kota itu dianggap sudah tidak lagi efisien melayani pusat pemerintahan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjelaskan rencana tersebut sedang dikaji setelah diresmikan dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat.

Baca Juga:  Peduli Pendidikan, Koramil 1904 Campaka Sediakan WiFi Gratis

“Dikaji dulu di beberapa lokasi, ada di Tegalluar, di Walini (Bandung Barat) atau Rebana juga. Karena secara fisik, Kota Bandung juga sama dengan Jakarta, sudah tidak cocok lagi untuk melayani pusat pemerintahan,” ujar Ridwan. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat