Inilah Cara Membuat KTP Anak

Kini, orang tua, setelah sang ibu melahirkan anak, tak hanya mengurus akta kelahiran, mereka harus membuat KIA untuk buah hatinya tersebut.

Kartu Identitas Anak. (Foto: Kemendagri)

JABARNEWS | BANDUNG - KIA atau KTP Anak, yang mulai digagas sejak tahun 2016, merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil.

Kini, orang tua, setelah sang ibu melahirkan anak, tak hanya mengurus akta kelahiran, mereka harus membuat KIA untuk buah hatinya tersebut.

Baca Juga:

Ada 1.993 WNA Tinggal di Purwakarta

Pastikan WNA Tidak Masuk DPT DPRD Jabar kunjungi Disdukcapil Kabupaten Cianjur



Dilansir dari laman indonesia.go.id, pemberlakuan KIA atau KTP Anak dilakukan secara bertahap. Daerah yang belum mendapat giliran pemberlakuan, ke depan akan menyusul daerah berikutnya sebagaimana telah diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 2 Tahun 2016 mengenai Kartu Identitas Anak.

Adanya KIA ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik. KIA juga merupakan upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia.

Seperti diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, pemberlakuan program KIA dilakukan secara bertahap.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags : KTP Anak. Kartu Identitas Anak KIA Disdukcapil

berita terkait

Ketum Ditangkap KPK, Kiamat Bagi PPP Purwakarta

DPRD Jabar Pastikan Data WNA di Purwakarta

DPRD Jabar Minta Pelayanan Disdukcapil di Jabar Ditingkatkan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi