bjb

Musim Kemarau, Harga Ikan Mas di Cianjur Melambung

Penjual ikan mas di Pasar Tradisional. (Foto: Istimewa))

JABARNEWS | CIANJUR - Kemarau yang tengah melanda kini berdampak pada meningkatnya harga sejumlah komoditas bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Cianjur terus merangkak naik. Salah satunya harga ikan mas di Pasar Induk Pasirhayam, Cilaku, Cianjur. Minggu (1/9/2019).

Meningkatnya harga ikan mas di pasaran yang mencapai hingga 15 persen itu berdampak terhadap menurunnya penjualan di sejumlah lapak penjual ikan di pasar terbesar di Cianjur itu.

“Kini harganya berkisar Rp27 ribu per kilogram. Sebelumnya Rp24 ribu per kilogram,” kata Riki Abdulrahman (33), pedagang ikan mas di Pasar Induk Pasirhayam.

Kenaikan harga ikan mas di pasaran itu, menurut Riki, terjadi sejak satu pekan terakhir. Ia menduga kondisi itu, akibat banyaknya petani ikan yang mengalami gagal panen akibat musim kemarau.

“Sebelum terjadinya kenaikan harga ikan mas, dalam satu hari mampu menjelual ikan mas sekitar 50 kilogram sedangkan saat ini hanya bisa terjual 30 kilogram,” ujarnya

Baca Juga:

Petani Disarankan Beralih ke Palawija Saat Musim Kemarau

Antisipasi Kesulitan Air, Relawan di Cianjur Minta Pemkab Anilisis dan Mitigasi Sumber Air

Riki menejalaskan, sejak terjadinya kenaikan harga ikan mas daya beli masyarakat pun menurun, sehingga pendapatan hasil penjualan juga berkurang. 

"Kenaikan harga ikan mas tidak berpengaruh terhadap harga ikan jenis lain, seperti, ikan nila masih berada pada harga normal, Rp28 ribu per kilogram untuk ukuran kecil dan Rp32 ribu per kilogram yang berukuran besar," katanya.

Riki dan sejumlah pedagang ikan lainnya berharap harga ikan mas dapat segera kembali normal dan tidak mengalami kenaikan harga terhadap jenis ikan lainnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Musim Kemarau Dampak Kekeringan Bahan Pokok Naik Pasar Induk Pasirhayam Cianjur

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi