Gelar Rakernas, Kampung Dongeng Gelorakan Literasi Dengan Mendongeng

JABARNEWS | BOGOR – Mendongeng merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melihat pentingnya dongeng untuk mendukung tumbuh kembang anak, Muhammad Awam Prakoso atau disapa Kak Awam mendirikan komunitas Kampung Dongeng. Kampung Dongeng Indonesia merupakan komunitas sosial yang konsisten melakukan pendampingan anak melalui dongeng, saat ini Kampung Dongeng berada di 140 titik tersebar di 25 provinsi se Indonesia.

“Pada tanggal 28 sd 30 Agustus 2019 Kampung Dongeng Indonesia mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) yang di hadiri oleh 100 relawan kampung dongeng dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar Kak Awam yang menjabat Ketua Umum Kampung Dongeng Indonesia.

Baca Juga:  Kepergok Saat Akan Beraksi, Pencuri Ini Diamankan Polisi

Rapat kerja yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan organisasi di masing-masing daerah dan menetapkan beberapa pedoman organisasi.

“Sebagai acuan pelaksanaan kegiatan kampung dongeng seperti menyusun dan menetapkan program kerja nasional, menetapkan pedoman organisasi kampung dongeng Indonesia dalam bentuk anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan standart operating procedure (SOP),‎ memberikan kesempatan kepada pengurus daerah kampung dongeng seluruh indonesia untuk bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasi serta untuk kemajuan organisasi,” jelasnya.

Baca Juga:  Pria Tanpa Identitas di Purwakarta Tewas Tertabrak Kereta Api, Kondisinya Mengenaskan

Dalam kegiatan ini Kampung Dongeng Bogor Raya menjadi tuan rumah pelaksanaan acara yang berlokasi di Athalia Resort Puncak Bogor. Setelah rakernas berlangsung, dilanjutkan Kemah Dongeng ke 24 yang di hadiri 70 Peserta seluruh Indonesia.

Sebelum kegiatan berakhir peserta melaksanakan praktek langsung dihadapan 150 anak-anak sekitar lokasi kemah yang dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Bogor, Hj. Halimatu Sadiah Iwan Setiawan.

“Kemah Dongeng merupakan pembinaan atau pelatihan untuk mencetak calon-calon pendongeng yang handal mampu memberikan keceriaan serta menghadirkan lingkungan ramah anak di lingkungannya,” ujar Halimatu Sadiah yang merupakan istri Wakil Bupati Bogor.

Baca Juga:  Yana Mulyana Pastikan PTM di Kota Bandung Berjalan Lancar, Bagaimana Antisipasi Lonjakan Covid-19?

Dalam kesempatan ini diberikan sumbangan Buku “21 Cerita Kak Awam Prakoso” kepada beberapa sekolah yang hadir agar tetap bersemangat untuk menggelorakan literasi dilingkungan nya. sekaligus menutup rangkaian kegiatan Kemah Dongeng ke 24.

Sementara itu Intan peserta dari Banda Aceh mengaku senang dengan pesan-pesan kebaikan yang terkandung di dalam dongeng Kak Awam.

“Kegiatan seru, kekeluargaan seperti punya keluarga kedua. Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan semakin sukses lagi,” harapnya. (Ijul)

Jabar News | Berita Jawa Barat