Gelar Sidak, Ini Harapan Satgas Citarum Harum Terhadap PT MSS

JABARNEWS | PURWAKARTA – Satgas Citarum Harum Sektor 13 melalui Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham menggelar Inspeksi Dadakan (Sidak) terhadap PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS) selaku salah satu perusahaan tambang batu yang berlokasi di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Dalam sidak itu, Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham, melalui Pasi Ops. Kapten Inf. Bayu Danu Harto, mengatakan sidak tersebut digelar lantaran aktivitas PT MSS disinyalir berdampak buruk terhadap sungai Cibuluh selaku anak sungai Citarum.

Baca Juga:  Ini Usulan DPRD Jabar Buat BUMD yang Bermasalah

“Saat kita cek ke lapangan kondisi sungai Cibuluh mengalami kerusakan yang cukup parah,” kata Kapten Bayu saat ditemui usai menggelar sidak, Selasa (3/9/2019).

Dijelaskannya, kerusakan tersebut antara lain seperti sedimentasi atau pendangkalan sungai akibat debu dan pasir atau limbah perusahaan PT MSS yang jatuh dan mengendap di aliran sungai Cibuluh.

“Mirisnya, kondisi sungai Cibuluh saat ini menjadi pasif atau mati, karena aliranya sudah mengalami kerusakan yang signifikan,” jelasnya.

Baca Juga:  Naik Level 3, Polres Serdang Bedagai Gelar Operasi Yustisi dan Penyekatan

“Selain melakukan pengerukan limbah yang mengendap di aliran sungai, kita juga akan meminta PT MSS melakukan penataan sungai Cibuluh, salah satunya seperti membangun parit atau drainase di bantaran sungai Cibuluh. Dan terakhir membuat kolam penampungan limbah debu dan pasir agar tidak masuk lagi ke aliran sungai,” jelas Kapten Bayu.

Selain itu, kata dia, pihaknya khawatir jika terus dibiarkan kondisi tersebut tak hanya berdampak buruk bagi sungai Citarum, namun juga berpengaruh buruk terhadap pemukiman warga.

Baca Juga:  Malam Sampai Dini Hari Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat, Warga Diminta Waspada

“Ketika musim hujan debu ini berubah menjadi lumpur, dan lumpur ini akan masuk ke pemukiman juga persawahan, jelas ini akan berdampak buruk,” ujarnya.

Lebih jauh Kapten Bayu mengatakan, guna mengatsi problem sedimentasi tersebut pihaknya akan berkoordinasi lebih jauh dengan pihak PT MSS untuk kembali memulihkan sungai Cibuluh. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat