Pemprov Jabar Mulai Bangun Flyover Jalan Jakarta dan Ahmad Yani

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memulai pembangunan flyover di jalan Jakarta dan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Prosesi groundbreaking flyover disiapkan untuk mengantisifasi dan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, A. Koswara mengatakan, pembangunan flyover akan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap 2019 dan 2020.

Baca Juga:  Sesama ’Ngumbara’, Anak Sumbar Bentuk Team Scooter Anak Rantau

“Yang 2019 ini pengerjaannya difokuskan ke kontruksi bawah, fondasi dan pelebaran jalan-jalan di samping-sampingnya, tahap kedua nanti yang 2020 baru bangunan atasnya, jadi diselesaikan untuk bangunan atasnya di 2020,” ucap Koswara, di Bandung, Selasa (3/9/2019).

Ia menyebut, pembangunan flyover Jakarta dan Ahmad Yani pada tahap yang ke satu ini direncanakan akan selesai pada Desember 2019.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Purwakarta: Sambut Tahun Baru Islam Dengan Semangat Hijrah

“Bulan Desember kalau tahap satu dan kita memang mau mengupayakan tahap dua ini tidak terputus, jadi bisa langsung. Kemungkinan November sudah mulai kita proses lelang yang tahap duanya,” katanya.

Khusus flyover di jalan Jakarta. Koswara menjelaskan bahwa desainnya akan menyebrang ke Jalan Ahmad Yani yang menjadi langganan kemacetan.

Kedua flyover tersebut akan memiliki panjang 520 meter. Untuk flyover Ahmad Yani dan panjang jembatannya mencapai 36 meter. Sedangkan untuk flyover Jalan Jakarta, rencananya akan memiliki panjang 500 meter dengan panjang jembatan 40,9 meter.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces: Nikmati Waktumu Bersama Orang Tersayang

“Pekerjaannya seperti flyover pelangi. Kalau desainnya enggak, karena bentangnya terlalu panjang jadi susah membuat lengkungan seperti pelangi karena nanti akan tinggi sekali ke atasnya kalau pakai lengkungan nggak mungkin,” pungkasnya. (Rnu)

Jabarnews | Berita Jawa Barat