182 Rumah Tidak Layak Huni di Jabar Bakal Direhabilitasi

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 182 ribu rumah tak layak huni di wilayah Jawa Barat akan direhabilitasi selama lima tahun ke depan oleh Pemprov Jabar melaui Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jabar.

“Total selama lima tahun ke depan rumah tak layak huni yang akan kita rehab sebanyak 182 ribu, dan di tahun ini akan kita rehab 15 ribu unit,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jabar, Dicky Saromi pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Halaman Belakang Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga:  DPRD Jabar Imbau Masyarakat Waspadai Kecurangan Pilkada

Dicky menambahkan dana rehabilitasi rumah tak layak huni ini masuk dalam bantuan sosial atau bansos dan pemberiannya akan dikoordinasikan ke badan koordinasi masyarakat setempat.

Menurut dia, wilayah Priangan Timur Jabar seperti Tasikmalaya, Garut dan Ciamis merupakan daerah yang paling banyak terdapat rumah tak layak huni di Jabar.

“Hampir semua kabupaten/kota tapi 30 persennya ada di Priangan Timur. Warga yang memiliki rumah tak layak huni yang nantinya akan memperoleh dana rehabilitasi sebesar Rp17,5 juta per rumah,” jelas dia.

Baca Juga:  Alat Bantu Coblos Tunanetra Tiba Di Purwakarta

Lebih lanjut Dicky mengatakan perbaikan rumah tak layak huni tersebut merupakan salah satu fokus kerja proyek strategis yang akan dilakukan oleh pihaknya selama lima tahun ke depan.

Ditempat yang sama, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Eko Priastono mengatakan, Pemprov Jabar fokus mengerjakan 30 Proyek Strategis Jabar di 2019.

Menurut Eko, 30 proyek yang strategis yang sedang dikerjakan meliputi pembangunan infrastruktur serta revitalisasi kawasan wisata di Jabar.

Rincian progres 30 proyek tersebut yakni 16 proyek dalam proses pengadaan barang dan jasa, lima proyek memasuki tahap kontrak, dua proyek akan dilaksanakan groundbreaking, dan tujuh proyek dalam tahap konstruksi.

Baca Juga:  Begal Payudara Beraksi di Purwakarta, Polres Minta Korban Segera Melapor

“Anggaran (tahun 2019) sekitar Rp500 miliar untuk 30 proyek ini,” kata Eko.

Adapun beberapa proyek yang tengah dikebut di antaranya, revitalisasi Kalimalang, Waduk Darma, Pantai Pangandaran, Situ Bagendit, Situ Ciburuy, Gunung Padang, amphitheater di kawasan Ciletuh, serta pembangunan alun-alun dan Gedung Creative Center di sejumlah kota/kabupaten di Jawa Barat. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat