Mahasiswa UI Raih Penghargaan Emas dan Perak di PIMNAS ke-32

Karya mahasiswa yakni, Zat Alternatif Anti Kanker Serviks yang berasal dari racun duri ikan Lionfish dan Program Taman Berani Program Peningkatan Pemahaman Berkomunikasi untuk Anak Tuli

Ikan Lionfish dinilai menjadi pengobatan alternatif kanker serviks

JABARNEWS | DEPOK - Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia.

Namun kini karya inovatif mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yaitu Zat Alternatif Anti Kanker Serviks yang berasal dari racun duri ikan Lionfish dan Program Taman Berani Program Peningkatan Pemahaman Berkomunikasi untuk Anak Tuli berhasil meraih penghargaan Emas dan Perak dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32.

Baca Juga:

Ketua MWA UI: Ingatkan Civitas Academika dan Alumni Tetap Bersinergi

UI Menggagas Menghidupkan Kembali Tenun Tidore



"PIMNAS merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) di bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa," kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti di kampus UI Depok, Rabu (4/9/2019).

Peraih medali Emas "Zat Alternatif Anti Kanker Serviks yang berasal dari racun duri ikan Lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alam untuk sediaan anti kanker serviks" merupakan karya inovatif dari tiga mahasiswa jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik UI yaitu Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer.

Mustika menuturkan penelitian terhadap duri ikan Lionfish telah melalui tahap pengujian in vitro di Laboratorium FTUI, dimana terlihat adanya efek inhibisi terhadap sel kanker serviks. Efek inhibisi ini menunjukkan pengujian berhasil membunuh sel kanker yang ada.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Karya Inovatif Kanker Serviks Universitas Indonesia Ikan Lion Fish Taman Berani Jabarnews

berita terkait

Universitas Indonesia Kembangkan Sekolah Sehat di Depok

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi