Tak Selalu Padamkan Api, Diskar Bogor Bantu Warga Lepas Cincin

JABARNEWS | BOGOR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Jawa Barat mendapat tugas tak lazim Rabu (13/11/2019) siang. Tugas itu bukan memadamkan api tetapi membantu seorang warga bernama Sabrina (13) melepaskan cincin dari jari tengahnya.

Kepala Sektor Ciawi Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Nedri mengatakan pihaknya berhasil menangani keluhan warga Ciawi Kabupaten Bogor, Sabrina yang datang melapor karena kesulitan melepaskan cincin di jarinya

Baca Juga:  Panen Perdana, Iwa: Program Desa Asuh Bukan Seremonial Semata

“Yang bersangkutan langsung datang ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, setelah dirujuk dari pihak Puskesmas untuk meminta pertolongan ke petugas piket,” ujarnya.

Menurutnya, laporan itu masuk ke kantornya sekitar pukul 10.30 WIB. Kemudian petugasnya langsung melakukan penanganan terhadap Sabrina dengan proses yang hampir memakan waktu dua jam, menggunakan peralatan berupa benang nylon, gergaji besi, tang, minyak goreng, serta garpu makan.

Baca Juga:  Ketua DPRD Jabar Tampar Pegawai Sekretariat Dewan

“Kita memberikan bantuan untuk melakukan pelepasan cincin di jari tengah yang sudah susah untuk dikeluarkan, yang mengakibatkan jari tangan tersebut membiru,” kata Nendri.

Beberapa upaya penanganan yang sempat dilakukan antara lain, memasukkan benang nylon pada sela cincin di jari Sabrina dengan melingkar yang kemudian diputar. Tapi sayangnya upaya tersebut gagal, sehingga petugas terpaksa membelah cincin menggunakan gergaji besi.

Baca Juga:  Yang Lain Asyik Beribadah, Seorang Pria Malah Asyik Nyabu

“Menggunakan Gergaji besi secara perlahan, cincin berhasil dilepaskan oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Sektor Ciawi,” tuturnya.

Nendri menerangkan, petugas pemadam kebakaran memang menerima pertolongan-pertolongan “nyeleneh” seperti di atas.

Ia menegaskan, petugas pemadam kebakaran siap membantu segala kebutuhan warga tanpa dipungut biaya. (Red)