Dirjen PPMD: Bandar Udara adalah Pintu Gerbang Sail Nias 2019

JABARNEWS | NIAS – Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid menegaskan, Bandar Udara merupakan pintu gerbang Sail Nias 2019.

Oleh karena itu, kesiapan detail lokus Bandar Udara Binaka, Nias dan fasilitas pendukungnya menjadi sangat penting dan strategis karena menjadi pintu gerbang penyambutan kedatangan Presiden Jokowi beserta rombongan dan para tamu pada acara Sail Nias 2019.

“Sebagai penanggung jawab puncak acara Sail Nias 2019 kita berharap agar segala hal terkait dengan sarana bandar udara, baik ruang VVIP dan fasilitas lainnya selesai pengerjaannya sebelum puncak acara berlangsung, yakni pada 11-15 September 2019,” kata Dirjen Taufik dalam kunker kesiapan Sail Nias di Ruang Media Conference, Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, Selasa, (3/9/2019).

Baca Juga:  Ini Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membuka Profil Instagram

Dalam rapat bersama antar Kementerian, Lembaga, Bupati, Walikota dan OPD terkait, Taufik menyampaikan, dilihat dari sisi gedung maupun ruang

Bandar Udara yang nantinya menjadi tempat transit Presiden dan rombongan sudah representatif.

Namun dari sisi sarana penunjang seperti halaman sekitar gedung, holding, taman dan lainnya perlu sedikit dilakukan penataan dan dipercantik.

Baca Juga:  Kota Bogor Catat Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Capai 91 Persen

“Kita optimis semua selesai sesuai target waktu. Pendamping Desa juga disiapkan membantu demi suksesnya agenda Sail Nias 2019,” tegasnya.

Terkait sarana pendukung lain, baik terkait air bersih, jenset, taman, parkir, kebersihan dan lainnya, juga perlu menjadi perhatian bersama.

Begitu pula terkait dengan hal-hal non-fisik, baik setting tata ruang, ventri, petugas di masing-masing unit di saat kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan, Taufik yakin pihak Pemda setempat telah siap dengan segala sesuatunya dengan baik.

Sebagaimana diketahui, puncak acara Sail Nias 2019 pada (14/9/2019) nanti menjadi tanggung jawab Kemendes PDTT akan diisi berbagai kegiatan yang dipusatkan di Dermaga Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 24 November 2022, Aguarius, Pisces dan Aries

Pada acara tersebut ditampilkan antara lain Farmozi Gondra, Orahu (syair lokal), Tari Fame Afo, Suara Anak Nias, Penandatanganan Simbolik Perangko Sail Nias 2019, Pemberian Bantuan Revitalisasi Cagar Budaya Nasional Desa Bawomataluo.

Taufik juga berharap agar kegiatan Sail Nias 2019 dengan dukungan semua pihak dapat berjalan sukses dan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Nias khususnya dan masyarakat di Provinsi Sumatera Utara pada umumnya. (Red)