bjb

Dalam Ajang ICCC Ridwan Kamil Bagikan Ilmu Ekonomi Kreatif

Gubernur Jawa Barat saat menjadi narasumber di ajang forum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) di Kota Ternate. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi narasumber dalam konferensi tentang ekonomi kreatif di ajang Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang digelar oleh forum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (5/9/2019).

"Pentingnya ekonomi kreatif dalam pembangunan kota kreatif di Indonesia. Ekonomi kreatif menjadi inti dan andalan dari semua kota yang ada di Indonesia," ujar Emil, demikian sapaan akrabnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, warga Ternate bisa mencari kekuatan ekonomi kreatif di wilayah mereka.

"Ternate itu memang sudah keren, indah. Kuncinya kan adalah membuka diri, kedua manfaatkan jaringan ICCN yang ada... Bandung punya apa, Malang punya apa, Bali punya apa, Ternate punya apa? Enggak usah banyak-banyak cukup satu dua saja. Nanti saling mengisi, memperkuat, dan ujungnya seluruh NKRI adalah mozaik yang saling menguatkan," katanya.

Selain itu, dia menyarankan Pemerintah Kota Ternate memetakan daerah mana saja yang berpotensi menjadi pusat ekonomi kreatif. Seperti halnya usaha ekonomi kreatif yang berkembang di Jawa Barat, menurut dia, antara lain pengembangan gim, seni pertunjukan, film, musik, fotografi, desain komunikasi visual, kriya keramik, kerajinan rotan, kerajinan tangan, fesyen, dan produk berbahan bambu.

"Daerah tersebut diberi penguatan dan bisa berkolaborasi dengan pihak swasta, bukan hanya dengan pemerintah saja. Hasilnya nanti, Insya Allah bakal ada ekonomi kreatif," kata dia.
Baca Juga:

Polres Purwakarta Terima Penghargaan di Hari Perhubungan Nasional

Pemprov Jabar Pasarkan Produk Kreatif dengan Bentuk 5000 Desa Digital


Menurut Emil, ekonomi kreatif akan menjadi bagian utama dalam proses pembangunan kewilayahan di Jawa Barat, provinsi berpenduduk hampir 50 juta jiwa yang memberikan sumbangan 31,96 persen ekspor ekonomi kreatif tahun 2016.

"Jawa Barat menjadi salah satu penyumbang produk domestik bruto di bidang ekonomi kreatif terbesar, yakni 11,81 persen atau tertinggi ketiga setelah Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 16,12 persen, dan Bali sebesar 12,57 persen," kata dia.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia menjelaskan, dalam upaya mengembangkan ekonomi kreatif antara lain menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 15 Tahun 2017 tentang Ekonomi Kreatif dan Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

"Sebagai Gubernur saya punya kota/kabupaten jumlahnya 27, sepertiga ekonomi kreatifnya Indonesia ada di Jawa Barat. Inilah yang akan menjadi masa depan," pungkasnya. (Ara)


Tags : Ekonomi Kreatif Indonesia Pembangunan Kewilayahan Pengelolaan Kekayaan Intelektual Pemprov Jabar Ridwan Kamil Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi