Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

JABARNEWS | JAKARTA – Anggota DPR RI periode 2019-2024 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2019). Pelantikan anggota DPR RI yang berjumlah 575 itu digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Sidang paripurna pelantikan tersebut dipimpin oleh pimpinan sementara, Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigitta Lasut (anggota DPR termuda).

Baca Juga:  Waduh! Tempat Karaoke Masih Eksis Layani Tamu Saat PSBB dan Ramadhan

Pelantikan dimulai pembacaan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI oleh Sekjen DPR Indra Iskandar. Kemudian 575 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019.

Namun, sejumlah nama yang telah ditetapkan KPU ditarik oleh partainya. Partai Gerindra menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain. Salah satunya adalah Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI.

Baca Juga:  Rumah Ibadah di Kota Bandung Bisa Gelar Kegiatan Keagamaan, Ini Syaratnya

Selanjutnya, Katherine menggantikan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

Baca Juga:  Wah! Menkes Budi Gunadi Sebut Orang Indonesia Kekurangan Vitamin D

Diketahui, dari 575 anggota dewan yang dilantik, beberapa di antaranya merupakan wajah lama di DPR. Mereka ialah Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Odo)