bjb

Prajurit TNI Dilatih Tangani Karhutla

Danmen Armed 2/1 Kostrad, Letkol Arm Johanes Toar Pioh tengah menyaksikan latihan Gulben Karhutla. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Prajurit TNI dari Resimen Armed 2/1 dan Bataliyon Armed 9/2/1 Pasopati Kostrad, untuk menggelar latihan Penanggulangan Bencana kebakaran hutan dan lahan (Gulben Karhutla) di Kampung baras, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jumat (6/9/2019).

Komandan Resimen Armed 2/1 Kostrad, Letkol Arm Johanes Toar Pioh mengatakan, sesuai arahan dari Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad, latihan penanganan bencana alam ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat dan negara.

"Latihan ini penting dilakukan bagi setiap prajurit. Sebab, di jajaran TNI tidak mengenal istilah prajurit hebat, yang ada hanyalah prajurit terlatih," kata Toar.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut ujar Toar, sesuai perintah tugas latihan dari komando atas, yakni Markas Besar (Mabes) TNI ke Divisi Infanteri 1 Kostrad, diteruskan ke satuan satuan yang ada di Divisi Infanteri 1 Kostrad. Dalam hal ini ke Resimen Armed 2/1 dan bataliyon Armed 9/2/1 Pasopati Kostrad, untuk menggelar Gulben Karhutla

Kebakaran merupakan suatu ancaman bagi keselamatan manusia, harta benda maupun lingkungan. Adanya perkembangan dan kemajuan pembangunan yang semakin pesat membuat resiko terjadinya kebakaran semakin meningkat.

"Resiko kebakaran yang semakin besar dan membutuhkan penanganan secara khusus," ucapnya.

Baca Juga:

Pisah Sambut Pucuk Komando Resimen Armed 2/1 Kostrad. Ini Sosok Danmen Baru

Prajurit Kodim 0611/Garut Bantu Pembangunan Rumah Keluarga Miskin

Toar menambahkan, dalam latihan drill taktis ini langsung dihadapkan seolah-olah dengan situasi keadaan medan yang sebenarnya, dan sasaran utamanya yakni penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.

Sejak 10 tahun lalu kebakaran hutan terjadi di bebeberapa wilayah Indonesia termasuk di Jawa Barat.
Hampir setiap tahun prajurit Kostrad ditugaskan penanggulangan karhutla yang cenderung terjadi di Sumatera dan Kalimantan dan saat ini latihannya di Purwakarta.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam Gulben Karhutla, yakni melatih untuk membiasakan berkoordinasi antar instansi terkait sampai ke tingat terkecil.

"Koordinasi mudah diucapkan, namun seringkali susah dalam pelaksanaan atau penerapan di lapangan, padahal kita ketahui bersama, gagal atau keberhasilan suatu kegiatan salah satunya didukung oleh koordinasi yang baik,” tugas Toar.

Diketahui, dalam latihan Gulben Karhutla ini ada 1036 personil diri instansi seperti TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat (BPBD JABAR), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Satpol PP Kabupaten Purwakarta, LSM, PR Pramuka, pelajar dan masyarakat. (Gin)


Tags : Karhutla Prajurit TNI Resimen Armed 2/1 Bataliyon Armed 9/2/1 Pasopati Kostrad Johanes Toar Pioh Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Prajurit TNI Batalyon Armed 9 Pasopati Bantu Amankan Pemilu

Inilah Pesan Pangkostrad saat Apel Dansat Kostrad di Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi