Dua Lansia di Karawang Tinggal di Kandang Kambing

JABARNEWS | KARAWANG – Dua wanita lanjut usia (lansia) Mak Uka (80) dan Mak Icih (70), warga Kampung Krajaan Pawanda RT 0/04, Desa Medang Asem, Jayakerta, Karawang terpaksa hidup di kandang kambing.

Kedua bersaudara tersebut sudah tinggal selama puluhan tahun, dengan minimnya penerangan.

“Kalau tidur bareng sama kambing dan malam hari tidak ada penerangan hanya cahaya lampu minyak, “kata Mak Uka, dilansir dari laman Merdeka.com, Jumat (6/9/2019).

Baca Juga:  Korban Kecelakaan Minibus Pecah Ban di Tol Cipularang Jadi Tiga Orang

Selama ini, Mak Icih dan Mak Uka dibantu warga untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sesekali, tetangga menawarkan pekerjaan dengan upah seikhlasnya.

Namun tetangga tidak memaksa mengerjakan pekerjaan berat. Tahu Mak Icih dan Mak Uka sudah uzur.

Mak Uka mengaku, sesekali suka ada dari pekerjaan membantu tetangga. Di usianya saat ini ia mengaku kerjan semampunya.

Baca Juga:  PPKM Disebut Jokowi Tak Efektif, Wiku: Pengawasan Ditingkatkan Sampai Mikro

“Untuk bekerja ya semampunya aja dengan upah seikhlasnya, selebihnya untuk makan sehari-hari mengandalkan pemberian dari yang merasa kasihan saja,” ujar Mak Uka.

Sementara itu, Ayu Retna Rassani (24) salah satu warga bercerita tidak ada bantuan apapun dari pemerintah kepada kedua lansia tersebut. Ayu sempat datang ke lokasi, dan informasi dari dua janda lansia tidak pernah dapat bantuan.

Baca Juga:  VoB, Grup Band Hijaber Metal Asal Garut Akan Tour Eropa dan Satu Panggung dengan Slipknot

Keduanya sempat bercerita kepada Ayu. Mereka kadang-kadang mereka kelaparan karena tidak ada bahan makanan yang bisa dimasak untuk sekedar mengganjal perut.

“Kita berharap ada kepedulian dari dermawan dan pemerintah setempat agar kedua lansia tersebut bisa tinggal ditempat yang lebih layak,” harap Ayu. (Red)