bjb

Panitia Pusat Mantapkan Koordinasi Jelang Puncak Sail Nias 2019

Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo dan Dirjen PPMD Taufik Madjid rapat finalisasi panitia nasional Sail Nias 2019, Jum'at (6/9/2019). (Foto: Kemendes)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo sebagai Wakil Ketua Nasional Acara Sail Nias 2019 menggelar rapat finalisasi panitia nasional guna mengetahui kesiapan masing-masing penanggungjawab acara.

Seperti diketahui, ajang pariwisata berskala Internasional terbesar di Indonesia, Sail Nias 2019 siap digelar. Infrastruktur penunjang kegiatannya pun ditargetkan rampung jelang puncak acara 8 hari lagi, yakni pada 14 September.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas kerja keras siang dan malam dari semua kementerian dan lembaga serta panitia di lapangan sehingga dalam kunjungan kami kemarin bersama Bapak Kemenkumham Yasonna Laoly, overall pelaksanaannya sudah hampir selesai, meski ada beberapa hal yang telat 1 sampai 2 hari. Tetapi kami mendapat keyakinan akan terkejar," ucap Eko Sandjojo, Jum'at (6/9/2019).

Ditempat yang sama, Dirjen PPMD Taufik Madjid yang sekaligus Ketua Koordinasi Puncak Acara Sail Nias 2019 meyakinkan bahwa acara puncak pada tanggal 13-14 September akan berjalan sesuai dengan skenario acara.

Koordinasi pusat dan daerah untuk komponen pengisi puncak pun ditingkatkan, terutama dalam tarian kolosal yang akan melibatkan lebih dari 700 penari dan paduan suara. Serta parade kapal nelayan, flypast dari TNI AU, spiral dive paramotor dan terjun payung juga terus dilakukan pelatihan dan persiapan.

“Prinsipnya untuk pengisi acara saat ini sudah hampir 90% hanya menunggu latihan dan penekanan-penekanan dari fasilitas pendukung dan infrastruktur yang sedang direvitalisasi seperti Pelabuhan Teluk Dalam segera selesai, guna kesiapan acara penyelenggaraan puncak Sail Nias 2019 berjalan dengan baik," tambah Taufik.
Baca Juga:

Dirjen PPMD: Empat Mandat Dalam Berdesa Harus Terus Diperkuat

Menteri Eko: Saatnya Desa Berkontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


Hal ini sejalan dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah yang mengharapkan acara Sail Nias 2019 ini terlaksana dengan baik, dan tidak ada kendala-kendala yang berarti termasuk faktor cuaca.

"Kehadiran Presiden Joko Widodo juga merupakan harapan dari masyarakat karena ini sangat berarti bagi pariwisata di Sumatera Utara khususnya Kepulauan Nias," ucapnya.

Untuk diketahui, kehadiran Presiden Joko Widodo di acara Sail Nias 2019 juga akan didampingi oleh 10 duta besar dan 2 wakil duta besar negara sahabat untuk mengunjungi Wonderful Nias Expo 2019.

Presiden juga dijadwalkan menghadiri kejuaraan surfing internasional yang diselenggarakan di Pantai Sorake dengan jumlah peserta sebanyak 102 orang dari mancanegara dan 22 orang masyarakat lokal. (Red)


Tags : Sail Nias 2019 Kemendesa PDTT Eko Putro Sandjojo Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Sistem Aplikasi Go Desa akan Diterapkan

Uu Ruzhanul Ulum Lantik 2.512 CEO BUMDes di Jabar

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi