bjb

181 Jemaah Haji Indonesia Ditahan Pemerintah Arab Saudi

Jemaah Haji Indonesia yang ditahan Pemerintah Saudi. (Foto: Konjen RI Jeddah)

JABARNEWS | JAKARTA - Sebanyak 181 jemaah haji asal Indonesia diamankan aparat pemerintah Arab Saudi karena tak memiliki dokumen resmi yakni visa haji dan surat izin (tasrekh) haji. 

Saat ini ratusan jemaah haji tersebut masih ditahan di Rumah Detensi Al Syumaisi di Jeddah, Arab Saudi.

Selain itu terdapat puluhan WNI yang terlunta-lunta usai melaksanakan ibadah haji karena tidak memiliki tiket pulang , hanya menggunakan visa kerja sehingga mereka tertahan di bandara.

KJRI Jeddah hanya bisa memberikan pendampingan pada jemaah yang terlantar tersebut dan kini tengah berkoordinasi dengan instansi terkait di Indonesia untuk menindaklanjuti temuan ini.

Konsul Jenderal (Konsul) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, mengatakan mayoritas jemaah mengaku tak tahu soal dokumen visa yang tidak sesuai prosedur.

"Alih-alih menggunakan visa haji, mereka justru menggunakan visa jenis lain seperti visa turis untuk menghadiri event (ziarah fa’aliat), visa kunjungan pribadi (ziarah syakhsiah), dan visa umrah. Modus lainnya yakni menggunakan izin tinggal dengan status bermukim," ucap Herry dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/9/2019).
Baca Juga:

PT KAI Daop 3 Cirebon Bagikan Goodie Bag Pada Hari Pelanggan Nasional

Adu Kuat Dukungan Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo


Dikatakan Hery, visa tersebut disalahgunakan oleh agen travel yang menawarkan paket haji khusus dengan keberangkatan tanpa antre seperti haji biasa dari Kementerian Agama. Paket dibanderol dengan harga Rp60 juta hingga Rp200 juta.

Ia pun menyesalkan berulangnya peristiwa penahanan terhadap WNI karena berhaji di luar prosedur atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah RI.

"Jumlah WNI yang diamankan pihak keamanan Arab Saudi kian meningkat dibanding tahun sebelumnya," ujar Herry.

Hery mengimbau para jemaah haji agar tidak tertipu dan mengecek jenis visa yang digunakan sebelum berangkat ke Saudi Arabia. (Kis)


Tags : Jemaah Haji WNI Ditahan Travel Haji Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Hoaks Papua Masif Tersebar Lewat Twitter

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi