aqua

Pepadi Minta Pemkab Bekasi Harus Berperan Aktif Fasilitasi Pentas Wayang

Pepadi akan membuka kursus pedalangan dan karawitan. Kursus itu bertujuan untuk mendidik generasi muda agar mencintai seni budaya bangsa khususnya wayang golek

Ilustrasi. (Net)

JABARNEWS | BEKASI - Pentas budaya khususnya wayang saat ini dirasa mulai berkurang padahal banyak pelaku budaya yang selama ini hidup dari pementasan wayang. Disamping itu dikhawatirkan kecintaan terhadap wayang akan luntur pada generasi yang akan datang.

Sehubungan dengan kondisi tersebut Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Bekasi, meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat memfasilitasi seni pedalangan agar dapat terus dilestarikan di tengah masyarakat.



Ketua Pepadi Kabupaten Bekasi, Danto di Cikarang, mengatakan, seni dalang merupakan seni budaya adiluhung yang sudah semestinya dipertahankan. Senin (9/9/2019).

"Apabila minat masyarakat terhadap seni budaya semakin kurang maka pemerintah daerah harus hadir untuk ikut membantu agar seni budaya kembali diminati masyarakat," katanya.

Menurut dia seni pedalangan kurang diminati masyarakat karena banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap seni wayang bahkan saat menggelar acara hiburan warga, jarang sekali wayang menjadi opsi hiburan yang dipertontonkan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pementasan Wayang Persatuan Dalang Pepadi Bekasi Pemkab Bekasi Lestari Budaya Wayang Seni Wayang Wayang Golek Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi