bjb

Ribuan Nelayan Terdampak Peristiwa Tumpahan Minyak di Karawang

Ilustrasi nelayan terdampak peristiwa tumpahan minyak di Karawang. (Foto: Net)

JABARNEWS | KARAWANG - Ribuan nelayan terdampak tidak melaut selama terjadinya peristiwa tumpahan minyak milik PT Pertamina.

Selain itu, 1.689 perahu berbagai ukuran juga ikut terbengkalai di 11 muara sungai.

"Dampak dari tumpahan minyak sesuai data dari tim khusus ada 7.782 nelayan, naik juragan kapal dan anak buah kapal menganggur hingga sekarang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Hendro Subroto, diansir dari laman jpnn.com, Senin (9/9/2019)

Sementara, mayoritas , memang berprofesi sebagai nelayan. Namun, apa jadinya jika mereka tidak bisa lagi melaut akibat pencemaran minyak. Padahal, sejak kecil mereka sudah dibawa orang tuanya melaut karena jarang bersekolah hingga bangku kuliah.

Salah satu warga Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Karawang, Risban (53), yang berprofesi sebagai nelayan mengatakan, ia mengaku dari kecil sudah dibawa nyari ikan, soalnya dulu orang disekitarnya jarang yang sekolah. Makanya kegiatannya mencari ikan.

"Keseharian saya mencari ikan untuk menafkahi istri dan kelima anak. Meski penuh bahaya semisal badai, itu tidak jadi soal," katanya.
Baca Juga:

Teh Celli Berharap PHEONWJ Bertanggung Jawab

Tumpahan Minyak Pertamina di Perairan Karawang Menyebar ke Bekasi


Risban menceritakan, kebiasaan warga Sungaibuntu, berangkat berangkat pada subuh pulang pukul dua siang. Ada juga yang berangkat malam pulang pagi.

"Kami mencari ikan atau udang tidak sampai satu hari atau berhari-hari," ucapnya.

Ade (29) nelayan lainnya mengatakan, sebelum peristiwa tumpahnya minyak milik Pertamina hasil tangkapan sehari biasanya dapat 50 kilogram.

"Saya pertawa kali ikut mencari ikan berusia 17 tahun," kata Ade. (Red)


Tags : Tumpahan Minyak PT Pertamina Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang Nelayan Karawang Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Wah! 7 Desa Terkendala Dampak Kebocoran Minyak Mentah Pertamina

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi