Dua Hari Dibersihkan Kali Jambe Tidak Jadi Lautan Sampah Lagi

JABARNEWS | BEKASI – Selama dua hari belakangan 100 personel gabungan dari DLH, Dinas PUPR, Kecamatan Tambun Selatan, Koramil, serta warga sekitar membersihkan sampah Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Kali Jambe mulai bersih setelah sejumlah alat berat seperti backhoe diturunkan, selain juga lima unit truk sampah dan tiga unit gerobak motor. Tumpukan sampah yang ada dibersihkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui proses pengangkutan selama dua hari dari Jumat (6/9/2019) hingga Sabtu (7/9/2019) lalu.

Baca Juga:  Selama April, Polres Cianjur Amankan 12 Orang Tersangka Pengedar Narkoba

“Dalam kegiatan pembersihan itu total ada sekitar 100 ton sampah yang kami angkut dan telah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng,” kata Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto. Senin (9/9/2019).

Baca Juga:  Warga Cibeber Cianjur Keluhkan Tarif PDAM Terus Naik Tapi Layanan Buruk

DLH juga meminta masyarakat agar merubah perilaku kebiasaan membuang sampah di kali tersebut sehingga ke depan tidak ditemukan lagi tumpukan sampah yang menutup aliran sungai.

“Nanti kita sedang rencanakan penempatan kontainer sampah dan koordinasi ke Satpol PP untuk penutupan TPS liar,” kata dia.

Camat Tambun Selatan, Iman Santoso mengatakan pihaknya akan memagari bantaran Kali Jambe sehingga warga perumahan sekitar tidak lagi bisa membuang sampah ke kali.

Baca Juga:  Sangat Menginspirasi, Ini Sosok Polisi di Purwakarta yang Peduli Kaum Disabilitas

Ia juga mengaku telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penutupan sejumlah TPS liar di wilayahnya.

“Kita sudah sampaikan ke teman-teman desa agar TPS liar ditutup nanti kita perkuat dengan dibantu personel Satpol PP,” pungkasnya. (Ara)