aqua

Ridwan Kamil: DAU Dialokasikan Kepada Daerah Otonomi Baru

Forum Mayor Caucus 2019 ruang bagi para wali kota untuk berdiskusi terkait kepemimpinannya dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Forum Mayor Caucus 2019. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

JABARNEWS | BEKASI - Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mengatakan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat untuk pemerintah daerah berbanding lurus dengan jumlah satuan administrasi daerah bukan dengan jumlah pendudukan.

"Provinsi dengan jumlah kota/kabupaten yang banyak mendapat dana berlimpah. Sementara, pemerintah daerah dengan jumlah kota/kabupaten sedikit mendapat kucuran dana yang juga minim," ujar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara di forum Mayor Caucus 2019 dalam rangkaian 55th ISOCARP World Planning Congress Senin (9/9/2019).

Baca Juga:

Hujan Berintensitas Tinggi, Empat Daerah di Bandung Ini Banjir Parah

Keragaman Latar Belakang Pembina Pramuka Warnai KML di Bandung Barat



Di Forum ini Ridwan Kamil fokus membahas soal fiskal. Dia menyatakan Provinsi Jabar adalah contoh daerah dengan jumlah penduduk besar dan wilayah luas yang harus dikembangkan. Maka, DAU yang dialokasikan pemerintah pusat ke daerah otonom lebih baik berbanding lurus dengan jumlah penduduk.

“Pemerintah pusat ini kasih uang berbanding lurus dengan jumlah daerah, kalau daerahnya dikit duitnya dikit, kalau daerahnya banyak, duitnya banyak. Padahal, jumlah penduduknya tidak imbang. Mudah-mudahan bisa dipahami sehingga ada yang dirasakan oleh masyarakat,” kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bogor, Senin (9/9/2019).

Salah satu soulusi, tambah Emil, adalah pemekaran daerah. Meski begitu, usulan beberapa Daerah Otonomi Baru (DOB) tingkat dua di Jabar masih dimoratorium oleh pemerintah pusat. Maka gagasan lain yang bisa diupayakan adalah pemekaran desa atau kelurahan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Major Caucus 2019 Dana Alokasi Umum Pemerintah Daerah Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi