bjb

TKI Asal Purwakarta Berhasil Dipulangkan Dalam Keadaan Tak Bernyawa

Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, Tuti Gantini bersama anak almarhumah Enung Nuroh (48), TKI yang meninggal. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Purwakarta yang meninggal karena sakit berhasil dipulangkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigerasi (Dinasnakertrans) Kab Purwakarta serta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jumat, (7/9/2019) malam.

Diketahui, Almarhumah Enung Nuroh (48) yang merupakan warga Kampung Cibodas, RT 04/02 Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta itu, meninggal dunia setelah sebelumnya sempat dirawat selama lima hari di rumah sakit yang ada di Saudi Arabia.

"Kabar yang saya dapat dari pihak medis dan majikan istri saya, ia (almarhumah) terkena serangan jantung," kata Yahya (57) suami almarhumah, saat ditemui di kediamanya, Senin (9/9/2019).

Sebelum meninggal, almarhumah diketahui bekerja sebagai asisten rumah tangga di Abha, Arab Saudi. Yahya mengetahui istri tercintanya meninggal dunia dihubungi melalui sambungan telepon dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

Almarhumah rencananya akan pulang pada Desember 2019 mendatang dan sudah bekerja di luar negeri untuk ke tiga kali nya.

"Majikannya juga nelpon saya. Istri saya dibawa dari Bandara Riyadh menuju Bandara Soekarno-Hatta," ujar dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, Tuti Gantini mengatakan, proses kepulangan jenazah almarhum dikoordinasikan berdasarkan aturan berlaku. Kepulangan jenazah almarhumah dibantu juga oleh BNP2TKI secara gratis.

"Pihak keluarga tidak mengeluarkan biaya dalam proses kepulangan almarhumah, kita bantu semuanya kerjasama dengan BNP2TKI," ujar Tuti, melalui telepon selulernya.

Selain itu, Tuti menyebut almarhumah merupakan TKI ilegal karena pemkab setempat telah menerapkan moratorium pengiriman tenaga kerja ke Timur Tengah dan Malaysia sejak 2011.

Meski begitu, lanjut dia, pihaknya tetap memiliki tanggung jawab ketika ada warga Purwakarta mendapat kesulitan, semisal kesulitan ingin kembali ke tanah air.

"Kami langsung respon secepat walaupun misalnya ilegal tetapi kewajiban kita mengurus karena warga Purwakarta," jelas Tuti.

Sementara saat ini, Disnakertrans Purwakarta telah menangani kepulangan tiga TKI yang bekerja di luar negeri. Yaitu Abdul Karim warga asal Cipaisan yang terlantar dan menderita sakit gagal ginjal, Tuti Nurhayati TKI asal Kecamatan Maniis dalam proses kepulangan, dan terakhir berhasil memulangkan TKI bernama Enung Nuroh meninggal dunia karena gagal jantung. (Gin)


Tags : TKI Asal Purwakarta TKI Meninggal Dunia Serangan Jantung Pemkab Purwakarta Dinasnakertrans Purwakarta BNP2TKI Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi