bjb

Presiden Jokowi Diminta Tolak Revisi UU KPK

Pengamat Politik, Ray Rangkuti. (Foto: Orlan/JabarNews)

JABARNEWS I JAKARTA - Pengamat Politik, Ray Rangkuti mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memerintahkan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasona Laoly untuk mempelajarai draf revisi Undang-Undang (UU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) No.30 Tahun 2002. 

"Perintah beliau (Presiden Jokowi) kepada Menkumham agar terlebih dahulu mempelajari draf revisi UU KPK sebelum mengeluarkan surpres merupakan langkah tepat," ujar Ray kepada Jabarnews.com, Selasa (10/9/2019). 

Akan tetapi kata Ray, Presiden Jokowi harus dengan segera mengambil posisi untuk menolak rencana revisi UU KPK tersebut. Pasalnya usulan revisi saat ini tidak berbeda jauh dari draf revisi tahun 2017. 

"Jika Presiden keberatan pada draf revisi tahun 2017, maka alasan yang sama sejatinya masih bisa dipergunakan untuk menyatakan keberatan atas revisi UU KPK yang sekarang," tegasnya. 

Bahkan kata Ray, ada ribuan akademisi yang telah menyatakan menolak usulan revisi ini. Mereka adalah akademisi yang datang dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

Baca Juga:

Rieke Diah Pitaloka Berharap Presiden Kabulkan Amnesti Baiq Nuril

Presiden Jokowi Perintahkan Mendikbud Evaluasi Sistem Zonasi PPDB

Seruan mereka jelas punya dasar argumentasi yang kuat. Dengan sendirinya tidak bisa diabaikan. Selain para akademisi, ratusan aktivis anti korupsi dan tokoh-tokoh nasional juga sudah menyatakan penolakan yang sama.

"Jadi pikiran-pikiran mereka yang menolak revisi dapat dijadikan dasar bagi pemerintah untuk tidak mengirimkan Surpres," tegasnya. 

Apalagi ujar Ray, hampir 20 isu dalam revisi ini dilakukan. Berarti menyangkut puluhan pasal. Jelas ini bukan lagi revisi tapi sudah pada level merombak UU KPK.

"Memang subtansi revisi UU KPK ini sampai pada perombakan keseluruhan bangunan dan desain KPK sebagai lembaga yang diharapkan untuk memberantas korupsi," ucapnya. (Odo)


Tags : Revisi Undang Undang Undang Undang KPK Presiden Jokowi Joko Widodo Ray Rangkuti Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Kebijakan Insentif Pajak Tinggal Diteken Presiden

Ini 4 Usulan KADIN-HIPMI Kepada Presiden

Presiden Jokowi Pimpin Pemakaman Ibu Ani Yudhoyono

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi