bjb

Bawaslu Karawang Kawal Ketat Pagelaran Pilkades Serentak

Ilustrasi. (Net)

JABARNEWS | KARAWANG - Adanya dugaan politik uang pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Karawang wajib diawasi panitia pengawas (panwas) pilkades.

Pelaksanaan Pilkades yang minim pengawasan berarti mengakibatkan ajang demokrasi tersebut rawan praktik kotor politik uang. Tak sedikit pemenang dalam Pilkades mengeluarkan uang hingga miliaran rupiah membeli suara rakyat hanya untuk menduduki jabatan orang nomor satu di desa.

Baca Juga:

Pilkades Serentak, Pemkab Garut Siapkan Anggaran Rp.4 Miliar

Bogor Mulai Garap Persiapan untuk Pilkades Serentak



Komisioner Bawaslu Karawang, Charles Silalahi mengatakan di salah satu acara belum lama ini bahwa arah Bawaslu kedepan adalah melakukan pengawasan Pilkades. Pasalnya kata Charles muara dari politik uang yang saat ini dianggap sebuah budaya di masyarakat berasal dari Pilkades.

"Kedepannya sudah menjadi wacana bahwa Bawaslu bakal menangani pengawasan dalam pelaksanaan Pilkades. Hal ini penting agar politik uang di masyarakat bisa diminimalisir. Karena perlu juga diketahui bahwa muara dari politik uang berasal dari Pilkades," ucap Charles.
Halaman selanjutnya
Tags : Pilkades Serentak Pilkades Karawang Kades Bebas Narkoba Penyalahgunaan Narkoba APBD Bawaslu Karawang Panwas Pilkades Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Bupati Purwakarta Lantik Kades Hasil PAW

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi