Pelajar SD di Purwakarta Ini Miliki Banyak Prestasi di Olahraga Sepatu Roda

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kendati masih duduk dibangku kelas 1 (satu) Sekolah Dasar (SD), Valiandayra yang biasa dipanggil Valiand ternyata memiliki segudang prestasi di cabang olahraga Sepatu Roda.

Valiand merupakan putri pertama dari pasangan Herpan Sudadi (38) dan Monalia (36) warga Kaum Kidul, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta. Saat ini Valind bersekolah di SDN 1 Cipaisan, Purwakarta.

Herpan Sudadi, ayah dari Valiandayra mengaku, Valiand mulai menggeluti sepatu roda saat usia 4 tahun dan sudah mulai mengikuti kejuaraan sejak usianya 6 tahun.

Awalnya Valiand sering melihat Klub Maung Roller Skate (MARS) Purwakarta latihan di Alun-alun Kabupaten Purwakarta, dari sana timbul kemauan Valiand untuk berlatih sepatu roda.

“Karena kami liat Valiand suka dan mempunyai bakat maka kami masukkan di Klub MARS Purwakarta,” ungakap sang ayah, saat ditemui disela-sela kegiatannya, Rabu (11/9/2019).

Usaha keras tak akan mengkhianti hasil. Setelah dua tahun berlatih, di Klub MARS Purwakarta, Valiand pun mengikuti berbagai lomba sepatu roda di dalam maupun luar kota.

Baca Juga:  Kematian Akibat COVID-19 di Majalengka Tinggi, Mencapai 741 Orang

“Awal mendali yang diraih Valiand pada ajang Kejuaraan Antar Klub se-Indonesia, di Kelas Pemula 100 meter Sprint V3 Open National Inline Skate Competition tahun 2017, yang berlangsung di di lintasan Sepaturoda GOR Patriot Kota Bekasi. Dari kejuaraan tersebut Valiand mendapatkan Juara ke-2 dan berhasil meraih medali perak,” jelas Herpan.

Mendali kedua, lanjut dia, medali perunggu diraih Valiand pada kejuaraan antar klub se-Indonesia tahun 2018 di Kelas Pemula 100 meter sprint, Kejuaraan Sepatu roda Piala Walikota Bekasi, dengan meraih posisi juara 3.

Ditahun 2018 juga, kata Harpan, Valiand meraih Medali Perak, dengan menduduki Juara ke-2 pada Kelas Pemula 100 meter Sprint, Kejuaraan Bupati Bekasi Open.

“Valiand juga berhasil meraih Medali Emas 100 meter Sprint, Medali Perak 200 meter Sprint dan Medali Perunggu 1000 meter Sprint di kejuaraan Super Brands Smart Festival tahun 2018 di Lintasan Sepatu Roda GOR Saparua Kota Bandung,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemkab Kuningan Targetkan 50 Persen Warga Dapatkan Vaksinasi Hingga Akhir 2021

Harpan menambahkan, Valiand juga meraih Medali Emas dengan menduduki Juara ke-1 di Kelas Pemula 100 meter Sprint V3 Open National Inline Skate Competition pada tahun 2018 dan medali emas diraih Valiand di

Kelas Pemula 100 meter Sprint B-Blades Open tahun 2018.

Di awal tahun 2019, Valiand berhasil menyabet Juara ke-2 dengan memperoleh medali perak di kelas Speed A ITT 500 meter Sprint di kejuaraan Roller Sport Competition Kabupaten Bekasi Night Race.

Di tahun yang sama, kata Harpan, Medali Perak disabet Valiand di Kelas Speed A 500 meter Putri

Kejuaraan Sepatu Roda antar pelajar tingkat Junior Purwakarta tahun 2019 di Lapangan Pasar Induk Cikopo, Purwakarta.

“Medali Perunggu diraih Valiand atas torehan Juara ke-3 di kelas Speed A 500 meter Putri, pada Kejuaraan Nasional Piala Surono (Surono Cup) 2019 di Lintasan Sepatu Roda Grand Wisata Kabupaten Bekasi. Jadi di total ada 11 medali yang berhasil diraih Valiand,” ucapnya.

Baca Juga:  Bursa Inovasi Desa di Tegal Jadi Pusat Inovasi Nasional

Prestasi yang diraih Valiandayra bukan tanpa hambatan, salah satu hambatannya yakni tidak adanya fasilitas berlatih yang memadai di Kabupaten Purwakarta ini.

Peranan pemerintah sampai saat ini belum dimaksimalkan terutama dalam hal pembinaan, dan penyediaan sarana dan prasarana penunjang untuk latihan.

“Mudah-mudahan melalui kepengurusan KONI yang baru sekarang pemerintah akan hadir dan memberikan perhatian khusus untuk cabang olahraga (cabor) sepatu roda ini,” ungkap pria yang menjabat sebagai Sekretaris di Klub Maung Roller Skate (MARS) Purwakarta.

Dirinya berharap, semoga kedepan para pemangku kebijakan bisa memberikan ruang yang berimbang untuk generasi muda Purwakarata yang memilih jalur olahraga sebagai jalan untuk berprestasi mengembangkan potensi diri dimasa depan.

“Meski tergolong masih belia, prestasi yang ditorehkan Valiand tidak hanya membanggakan orang tua. Namun juga mengharumkan nama Kabupaten Purwakarta di ranah Nasional. Patut ditunggu prestasi gemilang lain dari Valiandayra dalam beberapa tahun ke depan,” pungkasnya. (Gin)