Mall Pelayanan Publik Kini Hadir di BTC

JABARNEWS | BEKASI – Mall Pelayanan Publik (MPP), dinilai sebagai langkah pembaharuan bagi sistem pelayanan publik di Indonesia. MPP dianggap lebih progresif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, dan swasta dalam satu gedung.

Seperti halnya keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang sebelumnya berada di Mall Bekasi Junction, Bekasi Timur, sudah tidak beroperasi lagi sejak Jumat (30/8/2019), dipindahkan ke Bekasi Trade Center (BTC) Mall.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi, Lintong Ambarita mengatakan Pelayanan di MPP tidak hanya dari pemerintah daerah saja. Di sini ada juga pelayanan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, BUMN, BUMD, dan lain-lain. Jenis pelayanannya tidak hanya sebatas informasi tetapi ada yang bisa tuntas dalam satu hari.

Baca Juga:  Imam Masjid Al Azhar Pimpin Salat Tarawih di Ponpes Al Muhajirin

“Pemindahan MPP sebagai bentuk peningkatan pelayanan serta untuk pengembangan, perluasan fungsi keberadaan MPP agar lebih baik lagi selain itu juga untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat saat menunggu antrian,” ujar Lintong.

Baca Juga:  HUT Ke-72, Danlanud Suryadarma Ingatkan Prajurit Harus Berinovasi

Pemerintah Kota Bekasi dibantu banyak pihak dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana MPP BTC Mall. Didukung oleh Coorporate Social Responsbility (CSR) dan tanpa mengandalkan APBD, Kota Bekasi berhasil mewujudkan MPP ini.

“MPP yang berada di BTC Mall merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu, serta peningkatan pelayanan BUMN/BUMD dalam rangka memberikan pelayanan nyata bagi warga Kota Bekasi,” kata Lintong.

Bertepatan dengan launching MPP BTC Mall, Selasa (3/9/2019), dilakukan launching OSS yaitu sistem perizinan online yang berlaku secara nasional.

Baca Juga:  5 Kesalahan Membersihkan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Melalui launching ini diharapkan masyarakat memperoleh informasi mengenai jenis layanan perizinan berusaha dan bagaimana cara pengurusannya. Sebanyak 32 perijinan yang harus di daftarkan di OSS.

MPP BTC Bekasi Timur sudah beroperasi sejak Senin (2/8/2019), dengan OPD/Instansi berjumlah 16 dengan total jenis pelayanan ada 100 layanan, 38 jenis layanan, OSS 32, non OSS 30. (Red)