Pasien Membludak Buat RS di Bandung Kekurangan Tempat Tidur

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah sakit di Kabupaten Bandung kekurangan tempat tidur. Jika melihat rasio perbandingan jumlah kamar dengan jumlah penduduk Kabupaten Bandung, angka tersebut masih jomplang dan belum ideal.

Sedikitnya Kabupaten Bandung membutuhkan sekitar 3.700 tempat tidur, namun sampai saat ini baru ada sekitar 1.200 tempat tidur. Akibatnya, masih banyak masyarakat Kabupaten Bandung yang sering ditolak rumah sakit pada saat berobat atau rawat inap.

Baca Juga:  Makanan Ini Cocok bagi Para Penderita Panas Dalam dan Sakit Tenggorokan

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Kabupaten Bandung Marlan menyebut, saat ini jumlah penduduk Kabupaten Bandung mencapai 3,7 juta jiwa. Hal itu membuat jumlah tempat tidur di rumah sakit yang ada di Kabupaten Bandung masih kurang untuk menampung pasien secara keseluruhan.

Baca Juga:  Jelang Imlek, Pengrajin Dodol di Purwakarta Alami Sepi Pesanan

Marlan menerangkan, rumah sakit di Kabupaten Bandung juga melayani pasien dari daerah lain, seperti Cianjur dan Garut.

“Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan Rumah Sakit Umum Soreang bisa menampung kekurangan tempat tidur, jadi tidak ada lagi yang ditolak rumah sakit,” jelasnya.

Baca Juga:  Kasdim Ingatkan Ancaman Proxy War

Pembangunan Rumah Sakit Soreang, diungkap dirinya, menghabiskan anggaran sekitar Rp 300 miliar.

“Pemerintah Kabupaten Bandung berencana membangun sejumlah fasilitas kesehatan, guna memeratakan pelayanan kesehatan dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (Red)