Dadang Naser: Bandung Berpeluang Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

JABARNEWS | BANDUNG – Tim Kementerian Kesehatan RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung. Kedatangan tim tersebut dalam rangka verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS), dimana Bandung merupakan salah satu kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat yang menjadi nominator Kabupaten Sehat Tahun 2019.

Bupati Bandung, Jawa Barat, Dadang M Naser, mengatakan, bahwa pihaknya tidak sekadar mengejar nilai atau penghargaan semata. Tapi yang terpenting, 3,7 juta daerah ini itu bisa sehat sejahtera.

“Seperti swasti saba itu. Swasti adalah kesejahteraan dan saba artinya tempat. Jadi kita akan menuju tempat yang sejahtera,” ujar bupati saat menerima kunjungan Ketua Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tingkat Pusat, Iwan Nefawan, tempo hari.

Baca Juga:  Petani Padi di Cianjur Diminta Lakukan Penanaman Lebih Cepat, Ini Tujuannya

Menurut dia, tujuan akhir KSS adalah dapat menciptakan kondisi yang bersih, nyaman, aman dan sehat (Bernas). “Harapan saya tidak saja Bernas, melalui program ini masyarakat kita pun bisa produktif dan ekonominya meningkat”, ujar Dadang Naser.

Ketua Tim Verifikasi KKS Tingkat Pusat, Iwan Nefawan, menilai Kabupaten Bandung memiliki peluang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. Penilaiannya itu ia sampaikan setelah meninjau beberapa lokasi khusus (lokus) di wilayah Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Umur Sudah Kepala Tiga Tapi Ingin Tetap Awet Muda, Gimana Caranya?

Peninjauan ke lapangan, menurut Iwan sebagai salah satu langkah pihaknya dalam melakukan penyelarasan berkas atau dokumen administrasi yang disampaikan Tim Pembina KBS dengan implementasinya di lapangan.

“Setelah kami cross check ke lapangan, ternyata apa yang kita temui sesuai dengan konsep verifikasi KKS. Malah, kami melihat di lapangan lebih lengkap dari dokumen yang disajikan,” ujar Iwan usai melakukan peninjauan di kawasan wisata alam Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun.

Baca Juga:  Danrem 063/SGJ Lepas Peserta Trail Adventure and Auto Fiesta

Namun ia pun memberikan beberapa catatan yang perlu diperbaiki oleh Pemkab Bandung, di antaranya kelengkapan dokumen administrasi. Saat pihaknya menyandingkan dengan dokumen yang disajikan, ternyata fasilitas yang ada di lapangan sangat lengkap.

Seperti di beberapa lokus yang dikunjunginya, diantaranya Rumah Makan Dermaga Sunda dan terminal sehat di Cicalengka, serta kawasan wisata alam Kawah Kamojang. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat